Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gawat! Virus Trojan Triada Bisa Alihkan SMS Keluar Pengguna Android

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 7 Maret 2016 | 16:04 Tag: , ,
  

Hargo.co.id – Trojan Triada mengincar perangkat mobile berbasis Android. Program jahat ini sering kali menyamar sebagai aplikasi Android agar bisa menyusup ke perangkat si pengguna.

Hebatnya, jika sudah menginfeksi sebuah perangkat Android, malware yang baru ditemukan oleh Kaspersky Lab, ini sulit teridentifikasi ataupun dihapus dengan solusi antimalware. Hal itu dikarenakan Triada langsung masuk ke sistem Android dan menjadi bagian dari proses aplikasi.

[Baca: Begini Cara Kerja Trojan Triada di Perangkat Android]

[Baca: Ini Cara Mengatasi Virus Trojan Triada di Android]

Junior Malware Analyst Kaspersky Lab Nikita Buchka mengungkapkan, yang menjadi fungsi utama Trojan Triada adalah mampu memodifikasi pesan SMS yang keluar. Ketika pengguna melakukan pembelian aplikasi Android via SMS, penjahat siber akan memodifikasi SMS keluar sehingga mereka bisa menerima uang pembelian tersebut.

“Jadi bukannya bayar ke pengembang aplikasi, melainkan uangnya dialihkan ke penjahat siber,” ungkapnya melalui keterangan tertulis, Minggu (6/3).

“Penjahat siber ini sangat profesional. Mereka juga memiliki arsitektur yang sangat baik dan dikembangkan dengan pengetahuan mendalam tentang serangan yang ditargetkan terhadap platform mobile,” sambungnya.

(fab/JPG/hargo)

(Visited 6 times, 1 visits today)

Komentar