Minggu, 23 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Gerakan Infaq 2.000, Dari Masyarakat Untuk Masyarakat

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Senin, 13 Desember 2021 | 06:06 AM Tag: ,
  Petugas UPZ Desa yang turun dari rumah ke rumah setiap Jumat menjalankan Gerakan Infaq 2.000. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ikut membantu sesama yang terkena musibah saat ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Hal tersebut menjadi salah satu terobosan yang dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Gorontalo Utara (Gorut). Dengan Gerakan Infaq 2.000 yang telah launching pada 23 November 2021 lalu oleh pemerintah daerah.

BAZNAS Gorontalo Utara, dan secara serentak seluruh UPZ yang ada di setiap desa di Kabupaten Gorut secara teknis mulai melakukan pengumpulan dengan cara turun langsung dari rumah ke rumah dengan membawa kotak amal pada Jumat (10/12/2021). 

“Dan gerakan ini akan dilakukan setiap hari Jumat oleh seluruh UPZ yang tersebar di 123 desa yang ada di Gorontalo Utara,” ungkap Ketua BAZNAS Gorontalo Utara, Rahmat Kasim.

Menurut Rahmat Kasim, ada rentang waktu yang lama untuk implementasi oleh setiap UPZ yang ada di desa-desa, hal tersebut dikarenakan BAZNAS Gorontalo Utara tidak ingin agar gerakan Infaq 2000 ini terkesan hanya seperti menjalankan kotak amal begitu saja. 

“Olehnya sebelum UPZ yang ada di desa-desa turun, kami terlebih dulu memberikan arahan teknis dan juga dengan panduan atau Term of Reference (ToR) yang menjadi kerangka acuan dalam bekerja,” tegasnya.

Sehingga Gerakan Infaq 2.000 ini, kata Rahmat Kasim, benar-benar terarah dan tujuannya jelas dan untuk apa nantinya ketika ini terkumpul. Untuk edisi perdana UPZ di desa-desa kata Rahmat, mereka menyasar para kepala desa dan aparat desa terlebih dulu, dan setelahnya tentu ke masyarakat dengan mendatangi rumah-rumah warga. 

“Untuk gerakan perdana hari Jumat kemarin tersebut lebih kepada pemahaman atau sosialisasi dari rumah ke rumah atau door to door oleh UPZ Desa agar masyarakat tidak kaget dan sekaligus mendapatkan penjelasan biar mengerti dan paham serta tidak lagi menimbulkan pertanyaan untuk apa dan kemana nantinya dana yang dikumpulkan tersebut,” tegas Rahmat.

Dijelaskan sedikit oleh Rahmat bahwa Infaq yang dikumpulkan tersebut bertujuan untuk menghimpun dana tanggap bencana dan juga fakir operasional, untuk kesehatan serta kegiatan sosial dan keagamaan lainnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 18 times, 1 visits today)

Komentar