Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Harga Barito di Pasar Limboto Stabil, Bawang-Bawangan Terpantau Tinggi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 10 Agustus 2016 | 12:28 PM Tag: , ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Sejumlah komoditi pangan, terutama barito (bawang, rica, tomat) di pasar tradisional Limboto, kemarin, Selasa (9/8), masih stabil. Meski stabil, hanya harga bawang-bawangan yang relatif tinggi.

Dari pantuan Gorontalo Post, harga bawang merah dipatok mulai Rp 47 Ribu hingga Rp 50 Ribu per Kilogram (Kg), bawang putih Rp 40 Ribu per Kg dan bawang daun (bawang batang) dipatok Rp 50 Ribu per Kg atau Rp 5.000 per ikat.

Sedangkan harga cabe rawit atau rica, masih ada di kisaran Rp 25 Ribu per Kg dan cabe merah keriting dibanderol Rp 20 Ribu per Kg. Sementara tomat, dijual mulai Rp 8.000 hingga Rp 10 Ribu per Kg.

Umar Pou salah satu pedagang barito mengungkapkan, kondisi harga seperti ini sudah berlangsung sejak tiga pekan belakangan ini. Dari tiga komoditi ini, hanya harga bawang merah saja yang fluktuatif.

“Dari tiga minggu ini, cuma harga bawang merah yang naik turun. Tapi, harganya tidak pernah turun dari Rp 40 Ribuan per Kg,” kata Umar. Dia menambahkan, dari tiga komoditi ini, stok rica dan tomat yang sampai saat ini masih melimpah.

Sedangkan bawang-bawangan, stoknya ada tapi harga yang dipatok pengumpul maupun pedagang besar masih relatif tinggi. “Saya punya ini (bawang merah,red), katanya dari daerah Bima (NTB). Memang sudah begitu, namanya bawang merah dari Bima pasti harganya sedikit diatas,” ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasim, pedagang barito. Menurut dia, kondisi pasar saat ini relatif bersahabat meski komoditi bawang merah harganya masih relatif tinggi, “Makanya kita jual eceran (Rp 10 Ribu per mangkuk,red). Lumayan lancar pak,” jelasnya.(axl/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar