Kamis, 2 Desember 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hari Ini, APK Matahari Mulai Dicopot

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Jumat, 9 Maret 2018 | 10:23 AM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Bukan hanya melarang kampanye. Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga akan mencopot sementara Alat Peraga Kampanye (APK) milik pasangan Marten Taha-Ryan Kono (MATAHARI).  Langkah itu dilakukan menindaklanjuti rapat bersama pihak terkait baik Panwaslu, Kepolisian, Kesbangpol dan LO dari ketiga pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Gorontalo. Pencopotan sementara APK milik paslon Matahari akan mulai dilakukan jumat (9/3) nanti.

Rapat yang digelar di Hotel Maqna Kota Gorontalo itu sempat berlangsung alot. Perdebatan dipicu siapa yang mencopot sementara APK milik MATAHARI. Dari perdebatan itu akhirnya diputuskan pencopotan oleh Panwaslu Kota Gorontalo dibantu Satpol PP dan berkoordinasi dengan anggota PPK yang ada di masing-masing kecamatan di Kota Gorontalo.

“Pencopotan mulai dilakukan besok (Hari ini,red),” tegas Lukman Rahman anggota Panwaslu Kota Gorontalo, saat ditemui Gorontalo Post, usai pertemuan, Kamis (8/3). Lukman menambahkan, Panwaslu Kota Gorontalo sendiri tinggal menjalankan apa yang menjadi putusan KPU. “Kalau sudah ada putusan dari MA terkait gugatan mereka, APK akan dipasang kembali,” terangnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Gorontalo Arifin Mohammad mengatakan, pemerintah daerah tidak punya wewenang untuk mencopot APK paslon karena sudah masuk dalam tahapan. “Itu bukan ranah kami, jadi silakan tanya ke Panwaslu dan KPU,” katanya.

Ditemui terpisah Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba mengungkapkan, hasil rapat bersama sudah disepakati MATAHARI tidak bisa lagi berkampanye untuk sementara. Termasuk mengenai APK paslon Matahari akan mulai dicopot oleh Panwaslu dibantu Kesbangpol dan Satpol PP Kota Gorontalo.

“Yang akan mencopot Panwaslu, bukan Satpol PP dan berkoordinasi dengan Kesbangpol,” ujarnya.  Langkah ini menurut La Aba, adalah bagian dari tindak lanjut dari surat larangan kampanye dari KPU RI, yang sudah diterima oleh KPU Kota Gorontalo beberapa waktu lalu.

Sementara itu, dikonfirmasi Gorontalo Post, Yudin Laliyo, LO (Liaison Officer) pasangan calon Matahari mengatakan, pada dasarnya pihak Matahari tidak menerima putusan itu, hanya saja pihaknya menghormati proses yang telah berjalan saat ini.

“Kami berharap, jika nantinya gugatan Matahari diterima dan sudah diputus oleh MA, lalu kami menang, maka kami minta secepatnya APK milik Matahari segera dipasang kembali,” tegasnya.

Yudin juga mengatakan, sejak pihaknya mendapat informasi larangan berkampanye, pihaknya sudah menghentikan aktivitas kampanye. “Untuk sementara kami fokus mengurus gugatan di MA dan PTTUN dulu,” ucapnya. (tr-45)

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar