Kamis, 19 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Evaluasi Komisi III, Triwulan Pertama Harus Ada Realisasi Fisik 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 18 Januari 2022 | 16:05 Tag: , ,
  Evaluasi pelaksanaan program oleh Komisi III terhadap mitra kerja, Senin (17/01/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Hasil evaluasi Komisi III DPRD Gorontalo Utara (Gorut), disepakati agar pada triwulan pertama sudah ada realisasi fisik dan keuangan. Apalagi saat ini pelaksanaan program sudah ada instrumen yang berjalan. 

Hal ini ditegaskan Ketua Komisi III DPRD Gorontalo Utara, Ariyati Polapa usai bertemu mitra kerja Senin (17/01/2022) guna melihat kesiapan pelaksanaan program. Ariyati Polapa menegaskan bahwa pada pelaksanaan program di tahun anggaran yang berjalan tentu ada beberapa instrumen yang harus sudah siap. 

“Yang pertama, kita evaluasi itu apakah pelaksana program itu sudah siap, jadi mulai dari KPA, PPK, PPT, Bendahara, Penerima Barang, ini harus sudah stay,” terangnya.

Terhadap SK bupati, kata Ariyati Polapa, harus sudah ada. Jadi SK pengelolaan program sudah siap, personilnya juga siap dari segi fisik dan mentalnya. 

“Kemudian yang berikut DPA, ini juga harus sudah harus siap, dan juga khusus untuk OPD yang memiliki program, yang anggarannya di atas 200 juta ini lelang kan, jadi lebih awal sudah harus disusun persyaratan teknis itu yang kita evaluasi supaya di Bulan januari ini atau paling lambat bulan Februari sudah bisa instruksi ke ULP,” tegas Ariyati Polapa.

Dari pelaksanaan evaluasi tersebut, Ariyati Polapa menegaskan bahwa rata-rata memang, belum punya DPA atau belum dimiliki. Ini kan pedoman pelaksanaan program, kenapa belum karena kasihan OPD ini juga harus kerja 2 kali. 

“Kemarin dari perencanaan sampai dengan resmi menjadi APBD itu sudah diinput lewat SIPD, tetapi kemudian masuk di penatausahaan ketika mau melaksanakan, program, penata usahanya itu kembali lagi ke SIMDA,” ujarnya.

Dari Dinas Keuangan selaku usernya, menyampaikan bahwa target mereka, minggu ini semua OPD sudah punya DPA. 

“Nantinya kalau instrumen ini sudah siap, maka mereka sudah bisa memulai pekerjaan sehingga triwulan pertama ini kita upayakan sudah ada presentasi atau realisasi fisik dan keuangan,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 28 times, 1 visits today)

Komentar