Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hasil Riset Kemenkominfo-KIC: Gorontalo Provinsi Dengan Keamanan Digital Terbaik 2021

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 11 Agustus 2022 | 08:05 Tag: , , , , , ,
  Potongan Gambar Data resmi databoks katadata.com

Hargo.co.id, GORONTALO – Gorontalo dinilai menjadi provinsi dengan keamanan digital terbaik pada tahun 2021. Hal tersebut berdasarkan hasil riset yang dilakukan Kementrian Komunikasi dan Informatika bersama Katadata Insight Center (KIC) yang melakukan survei status Literasi Digital Nasional 2021 di 34 provinsi di Indonesia.

Literasi digital dalam survei ini diukur menggunakan 4 pilar, di antaranya digital skills (kecakapan digital), digital ethics (etika digital), digital safety (keamanan digital) dan digital culture (budaya digital). Hasilnya diumumkan langsung pada website resmi databoks katadata.com, Rabu (10/8/2022).

Berdasarkan laporan tersebut, provinsi Gorontalo mendapatkan skor tertinggi untuk pilar digital safety yakni 3,59 dari skala 1-5. Skor tersebut bahkan di atas rata-rata nasional yakni 3,1.Dimana, dari 34 provinsi di Indonesia, terdapat 23 provinsi mendapatkan skor pilar digital safety di atas rata-rata skor secara nasional.

Dalam laporan tersebut juga dijelaskan, Pilar digital safety didefinisikan sebagai kemampuan pengguna internet dalam melindungi data pribadi, mengidentifikasi dan menghapus spam, malware atau virus di komputer atau gawai pribadi serta kebiasaan mencadangkan data dan sebagainya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Gorontalo, Masran Rauf mengatakan, keberhasilan ini telah menjadi bagian terpenting dari apa yang sudah dilakukan dalam hal digitalisasi, termasuk program Gorontalo Digital.

Menurut Masran Rauf, keberhasilan ini tidak akan tercapai tanpa sinergitas antara pemerintah dan masyarakat.

“Peran serta masyarakat dan pemerintah yang begitu erat dalam mewujudkan transformasi digital di Provinsi Gorontalo menjadikan daerah kita terdepan dan terjaga keamanan digital sesuai penilaian diatas,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar