Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Hati-hati Pilih Travel Umrah

Oleh Berita Hargo , dalam Metropolis , pada Senin, 27 Maret 2017 | 16:30 PM Tag: ,
  

GORONTALO – Hargo.co.id  Animo masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah terus meningkat. Tak terkecuali di Gorontalo, yang setiap tahunnya mengalami peningkatan.

Sejalan dengan hal itu, Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah RI (AMPHURI) mengimbau agar masyarakat teliti dan berhati-hati memilih penyelenggara (travel,red) umrah.Pasalnya, banyak kejadian masyarakat menjadi korban akibat ulah travel umrah yang tak bertanggungjawab atau travel umrah bodong.

“Jangan sembarang memilih penyelenggara umrah. Penting untuk diketahui, penyelenggara umrah harus terdaftar dan memiliki izin dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag),” ungkap Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) AMPHURI Sulawesi H.M Azhar Gazali saat berbincang dengan Gorontalo Post, Ahad (26/3).

Menurut Azhar Gazali, dalam menentukan dan memilih penyelenggara umrah masyarakat harus selektif dan rasional. Selektif yaitu memastikan penyelenggara umrah tersebut memiliki izin. Selanjutnya rasional yakni tidak mudah tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan.

“Seperti untuk harga. Secara rasional minimal biaya umrah itu ada di kisaran Rp 17-18 jutaan per orang. Sebab, untuk penerbangan saja pergi pulang cost-nya sudah Rp 13 jutaan. Belum biaya akomodasi, bus serta konsumsi,” ujar Azhar Gazali.

“Sah-sah saja bila ada agen atau biro yang menawarkan harga murah. Tetapi masyarakat harus rasional dan memastikan langsung berangkat. Jangan sampai tergiur harga murah lantas tertunda-tunda keberangkatannya,” sambung Managing Director PT Aliyah Perdana Wisata tersebut.

Lebih lanjut Azhar Gazali memprediksi jumlah masyarakat Indonesia, khususnya di Sulawesi yang akan melaksanakan umrah akan terus meningkat.

“Saat ini jamaah umrah yang berangkat dari Makassar (Bandara Hasanuddin) sudah mencapai 4.000 orang per bulan. Dan jumlah tersebut besar kemungkinan bertambah menjadi 4.500 orang,” tandasnya.(san/hg)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar