Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Heboh, Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja 2016 di Palembang

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Nusantara , pada Selasa, 13 Desember 2016 | 11:27 Tag: ,
  

Hargo.co.id PALEMBANG – Heboh, meriah, dan luar biasa! Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja 2016 yang digelar Pemprov Sumsel benar-benar mengundang perhatian banyak wisatawan. Bahkan beberapa wisman juga terlihat mengikuti prosesi kirab yang tahun ini sudah dilangsungkan kali ke-6 itu. Festival tahunan ini dibuka secara resmi di Kelenteng Wei Ting Bio, Jakabaring, Palembang, Minggu, 11 Desember 2016, sore.

“Tujuannya, untuk menggali dan melestarikan jati diri kebudayaan Sriwijaya, sehingga meningkatkan citra daerah, sekaligus membangun atraksi di destinasi pariwisata Palembang, untuk wisman,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga, di Palembang.

Irene sangat terkesan dengan festival ini. Sebagai produk budaya turun temurun, maka mereka pun menggelarnya secara mandiri. Mereka punya inisiatif sendiri, sebagai kegiatan pelestarian budaya.

Event ini mendatangkan banyak wisatawan ke Sumsel. “Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja itu sendiri selain dihadiri oleh berbagai provinsi di Indonesia, juga datang dari luar negeri,” jelas Irene.

Kirab Budaya Garuda Srioeidjaja 2016 yang digelar Pemprov Sumsel di Kelenteng Wei Ting Bio, Jakabaring, Palembang, Minggu, 11 Desember 2016, sore.

“Ada Kong Tekcun Ong peserta Nan An Feng Shan Shi dari China, Ma Zu peserta Yuxi Ling Ci Mao dan Putian China. Seperti inilah pariwisata yang dibungkus dengan kegiatan kebudayaan dan keberagaman,” ucap Irene.

Diawali dengan doa dari perwakilan seluruh tokoh agama agar bangsa Indonesia terhindar dari segala bencana dan perpecahan, seakan menegaskan arti pentingnya keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan negara.

Rangkaian kegiatan juga dikemas dalam beraneka ragam budaya Indonesia, seperti pertunjukan tarian kreasi, atraksi tari ular hingga reog yang dipadu dengan tarian barongsai, menjadi hiburan tersendiri bagi peserta yang hadir.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Laman: 1 2


Komentar