Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Horeee….Pencairan Gaji 14 Dipercepat

Oleh Berita Hargo , dalam Headline Kabar Nusantara News , pada Selasa, 22 Maret 2016 | 09:55 Tag: , ,
  

Hargo.co.id JAKARTA – Pemerintah kembali memastikan pemberian gaji ke-13 dan 14 bagi kalangan Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun ini. Bahkan untuk pencairan gaji 14 bakal dipercepat. Yakni pada saat penerimaan siswa/mahasiswa baru. Atau diperkirakan pada Mei-Juni mendatang.

Sebelumnya dikabarkan bila gaji 14 PNS akan dicairkan menjelang lebaran Idul Fitri. Sehingga gaji 14 disebut-sebut pula sebagai THR. Namun belakangan, kebijakan untuk menaikkan kesejahteraan kalangan aparatur pemerintah itu mengalami perubahan.

“Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah,” ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo.

“Yang jelas untuk mekanisme pencairannya merupakan kewenangan Kementerian Keuangan,” sambung Tjahjo Kumolo.
Menurut Tjahjo, gaji ke-14 PNS bakal dicairkan pada masa penerimaan siswa baru atau mahasiswa baru. Sebab, pada masa-masa tersebut, orang tua membutuhkan biaya untuk menyekolahkan anaknya.

“Sementara gaji 13 menjelang lebara, karena PNS sangat membutuhkan tambahan biaya menjelang lebaran,” kata Tjahjo Kumolo.

Karena itu ,mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu berharap, dengan adanya gaji ke-14, para PNS tidak lagi terbebani dengan kebutuhan-kebutuhan tambahan yang harus dipenuhi setiap tahun ajaran baru.

“Tentunya akan sangat membantu di kala kenaikan sekolah yang membutuhkan biaya tidak sedikit,” ujar Tjahjo.

Sebagaimana diketahui, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan Rp 7,5 triliun dalam APBN 2016 untuk pembayaran gaji 14 PNS.

Kebijakan gaji 14 tersebut mulai berlaku di tahun ini sebagai kompensasi peniadaan kenaikan gaji PNS.

Seluruh PNS dan pegawai pemerintahan termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, para menteri dan Lembaga Tinggi Negara akan mengantongi gaji 14 sebesar gaji masing-masing yang diterima setiap bulan.

Sementara itu bila mengacu pada realisasi gaji 13 yang dibayarkan pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota se Gorontalo pertengahan lalu, diproyeksikan lebih dari Rp 100 miliar budget yang harus disiapkan untuk pembayaran gaji 14 mendatang.

Untuk Pemprov Gorontalo misalnya, pada 2015 ini untuk belanja gaji bulanan dengan jumlah pegawai 3.145 orang membutuhkan anggaran sekitar Rp 10,5 miliar.

Demikian pula Kota Gorontalo dan Kabupaten Gorontalo. Keduanya membutuhkan alokasi anggaran tak kurang dari Rp 20-an miliar setiap bulannya untuk membayar gaji pegawai. (jpg/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar