Selasa, 17 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Indra Yasin: Pemuda Harus Berkarakter, Mandiri dan  Inspiratif

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Jumat, 29 Oktober 2021 | 04:05 Tag: , ,
  Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin bertindak sebagai inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Kamis (28/10/2021). (Foto: Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Indra Yasin menegaskan bahwa pemuda harus berkarakter, mandiri dan inspiratif. Penegasan ini disampaikan pada upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 93, Kamis (28/10/2021) yang mana Indra Yasin bertindak sebagai inspektur upacara.

Hadir saat itu, oleh unsur Forkopimda,pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Gorontalo Utara unsur pendidik, termasuk perguruan tinggi dari Unisan dan STMIK Ichsan dan Ketua KNPI Gorontalo Utara, Mikdad Yeser.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengangkat tema ‘Bersatu, Bangkit dan Tumbuh’. Sesuai dengan isi pidato tersebut, Indra Yasin mengatakan, tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada 1928 dalam sumpah pemuda.  

“Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa,” kata Indra Yasin. 

Dijelaskannya, tema tersebut sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting. Karena di tangan pemuda, kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Ia menyebut, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka, tugas pemuda saat ini, adalah  harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif. 

“Serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik,” tambahnya. 

Untuk itu, pada momentum Hari Sumpah Pemuda kali ini, Indra berharap, pemuda harus mampu menjadi perekat persatuan kita sebagai bangsa melawan pandemi Covid-19. 

“Kita terutama pemuda, mari sama-sama bangkit melawan pandemi serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan. Pemuda harus berkarakter, mandiri dan inspiratif,” kuncinya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar