Minggu, 23 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Infrastruktur Pertanian di Gorontalo Utara Butuh Perhatian

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Minggu, 9 Januari 2022 | 22:05 PM Tag: , ,
  Ilustrasi. Infrastruktur pertanian seperti irigasi menjadi harapan bagi petani. Jika tidak, maka puluhan hektar sawah bakaal terbengkalai seperti yang ada di Biau, Gorontalo Utara. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Rahmat Rahman, meminta pemerintah memperhatikan infrastruktur pertanian. Jika tidak, maka hasil pertanian di Gorontalo Utara akan menurun, dan ujung-ujungnya petani yang sengsara.

Kepada media ini, Rahmat Rahman mengungkapkan bahwa lahan pertanian produktif yang butuh saluran irigasi dan lainnya diharapkan untuk dapat dibangun. Dirinya lantas mengungkapkan jika Kecamatan Biau, ada sekitar 50 hektar lahan pertanian yang butuh perhatian dari pemerintah daerah melalui instansi teknis terkait. 

“Lahan tersebut merupakan areal persawahan yang saat ini sudah tidak ada lagi pasokan air yang masuk, karena kondisi saluran irigasinya yang sudah rusak parah,” ungkapnya.

Menurut Rahmat Rahman, untuk luasan lahan tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat dari tiga desa yakni Desa Didingga, Desa Bualo dan Desa Omuto. 

“Lahan tersebut masih produktif, dan karena tidak ada suplai air, maka masyarakat petani memanfaatkannya untuk menanam jagung,” terang Rahmat Rahman.

Untuk suplai air sendiri, kata Rahmat Rahman, itu dari Sungai Didingga. Hanya saja infrastrukturnya tidak lagi mendukung. Sehingga kedepan untuk tahun anggaran 2022, diharapkan infrastruktur penunjangnya dapat dibangun. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar