Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ingin Wishlist Tahun Depan Tercapai? Lakukan 4 Tips Mengelola Keuangan Ini

Oleh Tirta Gufrianto , dalam Ekonomi , pada Senin, 27 Desember 2021 | 16:05 PM Tag: ,
  Aplikasi mengelola keuangan. Foto: Sribuu

Hargo.co.id, JAKARTA – Sebagian orang pasti memiliki daftar harapan atau wishlist sebagai resolusi yang ingin dicapai pada tahun depan.

Punya mobil impian, ganti handphone baru, atau S2 di luar negeri mungkin menjadi wishlist.

Namun, wishlist dan resolusi bukan hal mudah untuk dicapai, apalagi dengan banyaknya kebutuhan lain yang bikin uang bulanan bocor halus.

Nah, agar harapan dan keinginan enggak cuma mimpi, simak 4 tips berikut ini:

1. Mencatat Keuangan
Agar terlepas dari bocor-bocor halus ada baiknya mencatat keuangan kamu setiap bulannya. Catatan keuangan itu makin mudah dilakukan dengan aplikasi Sribuu.

Aplikasi ini menyediakan fitur Automatic Financial Planning yang mengintegrasikan seluruh produk finansial, seperti bank dan e-wallet.

Selain itu, ada fitur yang bisa jadi penyelamat dari kebiasaan boros, yaitu fitur Financial Habit Analytics yan memberikan rekomendasi mengatur keuangan yang sudah terpersonalisasi.

2. Prinsip 50-30-20
Prinsip 50-30-20 ini dipopulerkan oleh Senator Elizabeth Warren dan putrinya, Amelia Warren Tyagi, dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Intinya kamu harus membagi pendapatan dan mengalokasikan untuk dibelanjakan 50% untuk kebutuhan primer, 30% untuk kebutuhan sekunder, dan 20% untuk tabungan dan investasi.

3. Dana Darurat
Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan, dana darurat ini sangat penting untuk menangani kebutuhan mendesak. Dana darurat bisa disiapkan 3 sampai 6 kali dari pengeluaran bulanan.

4. Investasi
Sebelum berinvestasi, jangan lupa untuk mempelajarinya investasi apa yang cocok agar menimalisir risiko. (JPNN.com)

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “4 Tips Mengelola Keuangan Agar Wishlist Tahun Depan Tercapai“. Pada edisi Senin, 27 Desember 2021.
(Visited 26 times, 1 visits today)

Komentar