Kamis, 21 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Ini Tanda-tanda Kemungkinan Anda Mengalami Anemia

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 26 Juli 2016 | 15:04 PM Tag: ,
  

Hargo.co.id – ANEMIA, kerap dikaitkan dengan kekurangan zat besi. Namun, ada hal lain yang menyebabkan Anda menderita anemia. Beberapa di antaranya seperti kekurangan vitamin B12, kerusakan sel darah merah kronis dan anemia aplastik.

Tanda-tanda dan gejala kekurangan zat besi bisa mencakup kuku rapuh, bengkak atau nyeri lidah, celah-celah di sisi mulut, pembesaran limpa, dan sering infeksi.

Berikut beberapa tanda Anda menderita anemia, seperti dilansir laman MSN, Senin (25/7).

1. Kelelahan.

Kelelahan dikatakan gejala yang paling umum dari anemia. Kelelahan ini terjadi karena tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah untuk membawa oksigen ke berbagai bagian lain dari tubuh Anda.

Tingkat hemoglobin jatuh mengakibatkan adanya penurunan tingkat darah yang dikirimkan ke otak Anda. Hal ini pada akhirnya menghasilkan lebih sedikit energi dan kelelahan.

2. Denyut jantung yang cepat atau tidak teratur.

Anemia bisa menyebabkan denyut jantung yang cepat atau tidak teratur (aritmia). Saat Anda mengalami anemia, jantung Anda harus memompa lebih banyak darah untuk mengkompensasi kekurangan oksigen dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan pembesaran jantung atau gagal jantung.

3. Insomnia.

Individu dengan sindrom ini menderita insomnia. Jika Anda khawatir Anda mungkin menderita anemia, coba makan makanan yang kaya klorofil yang diduga meningkatkan tidur.

4. Kesulitan berkonsentrasi.

Kekurangan oksigen segar dalam darah bisa menyebabkan kesulitan berkonsentrasi. Otak akan menjadi lelah dan mengganggu fungsi pentingnya.

5. Sakit kepala.

Penderita anemia memiliki sel darah merah yang tidak berfungsi dengan baik. Hal ini menyebabkan kekurangan oksigen ke otak yang menyebabkan sakit kepala.(fny/chi/jpnn/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar