Kamis, 7 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rahasia Pria Tertua di Dunia Panjang Umur

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 13 April 2018 | 14:41 Tag: ,
  

Hargo.co.id - Laki-laki paling tua di dunia saat ini berasal dari Jepang, Masazo Nonaka. Ia berusia 112 tahun. Keluarga Nonaka mengungkapkan rahasia umur panjang adalah permen dan mandi air panas.

Nonaka lahir pada 25 Juli 1905 silam di sebuah rumah yang terletak di Pulau Hokkaido, Jepang. Hanya terpaut beberapa bulan sebelum Albert Einstein menerbitkan teorinya tentang relativitas khusus yang berhasil menyabet sertifikat dari Guinness World Records (GWR).

Kini ia tinggal bersama keluarganya yang juga mengelola penginapan pemandian air panas, seperti dilansir Gulf News, Kamis (12/4). Cucunya, Yuko Nonaka mengatakan, kakeknya membutuhkan kursi roda untuk bergerak namun kondisinya masih baik.

“Dia suka makan segala jenis permen,” ujarnya.

Nonaka membaca koran dan berendam di pemandian air panas setiap hari. Ia memiliki tujuh saudara laki-laki dan saudara perempuan yang tinggal di dekat Kota Ashoro, Hokkaido. GWR mencatat, Nonaka menikahi Hatsuno pada 1931 dan memiliki lima anak.

Dengan ini, Nonaka secara resmi mengambil gelar laki-laki tertua di dunia, setelah Francisco Nunez Olivera asal Spanyol meninggal dunia pada Februari di usia 113 tahun. GWR kini sedang menyelidiki kemungkinan pesaing gelar orang tertua yang masih hidup.

Belum ada lagi yang diakui secara resmi setelah Violet Brown yang berasal dari Jamaika meninggal pada Juli 2017 lalu di usia 117 tahun. Jepang dikenal dengan penduduknya yang berumur panjang.

Juni 2013 silam, Jiroemon Kimura yang meninggal pada usia 116 tahun yang juga berasal dari Jepang. Terdapat sekitar 68 ribu orang berusia 100 tahun bahkan lebih tua dari itu menurut pemerintah tahun lalu.

(ce1/iml/trz/JPC)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar