Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kamaruddin Komentari Hasil Autopsi Ulang Brigadir J

Oleh Admin Hargo , dalam Kabar Nusantara Metropolis , pada Selasa, 23 Agustus 2022 | 14:05 Tag: , , ,
  Kuasa hukum keluarga Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak komentari hasil autopsi ulang Yosua Hutabarat. Foto: Ricardo/JPNN.com

Hargo.co.id, JAKARTA – Kamaruddin Simanjuntak menanggapi hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J yang telah diserahkan kepada penyidik Bareskrim Polri.

Kuasa hukum keluarga Brigadir J itu menyebut tim dokter forensik yang mengautopsi ulang Brigadir J belum profesional.

Tim dokter forensik sebelumnya menyimpulkan tidak ada tanda-tanda penganiayaan pada tubuh Brigadir J selain kekerasan senjata api.

“Dia perlu kita sekolahkan lagi itu ke luar negeri supaya pintar dia, karena si tersangka atau pelaku mengatakan dianiaya dahulu, jambak-jambak dulu, sedangkan dokter mengatakan tidak ada penganiayaan,” kata Kamaruddin kepada wartawan, Senin (22/8).

Kamaruddin pun menilai tim dokter forensik yang mengautopsi ulang Brigadir J tidak independen.

“Saya saja sampai sekarang belum terima hasilnya padahal saya yang mengajukan, toh. Kalau independen, dia harus kasih ke saya hasilnya,” ujar Kamaruddin.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Dokter Forensik Indonesia (PDFI) Dokter Ade Firmansyah menyatakan tidak ditemukan adanya tanda-tanda kekerasan pada tubuh almarhum Brigadir J.

“Kami sudah bisa dipastikan dengan keilmuan forensik yang sebaik-baiknya bahwa tidak ada tanda-tanda kekerasan, selain kekerasan senjata api pada tubuh korban,” kata Ade seusai menyerahkan hasil autopsi ulang jenazah Brigadir J kepada penyidik di Bareskrim Polri, Senin (22/8).

Ade mengatakan bahwa hal itu terungkap berdasar hasil autopsi ulang, pemeriksaan penunjang dengan pencahayaan dan mikroskopis.

“Tidak ada luka-luka pada tubuhnya selain luka-luka akibat kekerasan senjata api,” ungkap Ade. (JPNN.com)

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JPNN.com, dengan judul: “Kamaruddin Komentari Hasil Autopsi Ulang Brigadir J, Kalimatnya Menohok“. Pada edisi Selasa, 23 Agustus 2022.
(Visited 48 times, 1 visits today)

Komentar