Hamka Hendra Noer saat menyerahkan Cenderamata kepada Perdana Menteri Malaysia Datuk Seri Anwar Ibrahim, Jumat (13/1/2023). (Foto: Istimewa)

Karawo Jadi Cenderamata Penjagub Saat Bertemu PM Malaysia

Gorontalo

Hargo.co.id, GORONTALO – Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer bertemu dengan Perdana Menteri Malaysia, Datuk Seri Anwar Ibrahim, Jumat (14/1/2023). Dalam pertemuan tersebut, dirinya juga menyerahkan kain karawo yang merupakan kain khas Gorontalo sebagai Cenderamata.

Pertemuan antara PM Malaysia dengan Penjagub berlangsung di halaman masjid Sikamat di Distrik Seremban, Negeri Sembilan, Malaysia. Hamka Hendra Noer diajak untuk makan siang bersama sebelum salat Jumat, sambil bercerita tentang misi dagangannya di Malaysia.

banner 728x485

“Kami bertemu cukup lama, lebih dari setengah jam. Beliau mengajak makan makanan khas Seremban, ada juga es cendol. Selain menyampaikan maksud kedatangan kami, beliau juga banyak bercerita soal tokoh tokoh HMI karena beliau sempat dikader di HMI,” kata Hamka Hendra Noer melalui sambungan telepon.

Dirinya mengatakan, kehadiran Anwar Ibrahim di Masjid Sikamat merupakan bagian dari “Salat Jumat keliling” yang sering dilakukan setelah dilantik sebagai Perdana Menteri pada 24 November 2022 lalu. Masjid di negara bagian Malaysia itu berjarak sekitar 45 menit dari pusat administrasi Malaysia di Putrajaya.

“Beliau cerita kalau Seremban menjadi daerah penyokong terbesar saat pemilu kemarin. Beliau punya tradisi untuk salat Jumat di berbagai tempat,” imbuhnya.

Pertemuan Hamka Hendra Noer dengan Anwar Ibrahim berakhir saat mendekati salat Jumat. Dirinya berharap kain karawo yang diserahkannya bisa dipakai Anwar Ibrahim dalam kegiatannya, sehingga akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Gorontalo.

Terkait dengan misi dagangnya di Malaysia, Hamka Hendra Noer menilai kepemimpinan Anwar Ibrahim sebagai Perdana Menteri akan babak baru hubungan bilateral antara Indonesia–Malaysia. Pada 9 Januari 2023 kemarin Anwar Ibrahim juga telah berkunjung ke Indonesia dan diterima Presiden RI Joko Widodo.

“Sebelum bertemu beliau, kami juga diterima Duta Besar Indonesia untuk Malaysia. Pak Dubes sampaikan bahwa ada harapan hubungan baik Indonesia Malaysia akan terus meningkat beberapa tahun ke depan,” pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *