Kamis, 30 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Khawajasiras, Jenis Kelamin Ketiga yang Diakui di Pakistan

Oleh Berita Hargo , dalam Kabar Dunia , pada Jumat, 30 Maret 2018 | 09:47 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Stasiun Televisi Pakistan mempekerjakan pembawa berita transgender pertama, Marvia Malik. Ini merupakan momen langka yang terjadi di negara yang sangat konservatif.

Marvia yang juga merupakan mantan model ini muncul pertama kali sebagai penyiar televisi di televisi swasta Kohenoor pekan lalu. Ia mengatakan, ia mendapatkan kasih sayang dan dukungan dari berbagai pihak yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Keluarga saya tidak pernah menerima saya,” katanya seperti dilansir AFP, Rabu, (28/3). Keretakan dengan keluarganya mendorongnya untuk mencari masa depan yang lebih baik di Lahore, Ibu Kota Pakistan.

“Di sini saya menerima cinta dan dukungan yang belum pernah terjadi sebelumnya dari semua orang yang tidak pernah saya dapatkan dari keluarga saya sendiri,” katanya.

Pada tahun 2009 Pakistan menjadi salah satu negara pertama di dunia yang secara hukum mengakui jenis kelamin ketiga atau di Pakistan disebut Khawajasiras. Tahun lalu paspor transgender pertama dikeluarkan, sementara beberapa lainnya juga ikut pemilu.

Sejauh ini, respon masyarakat positif apalagi di sosial media. Tetapi transgender tetap menjadi sasaran. Selasa malam, seorang transgender ditembak mati bersama seorang temannya di Kota Peshawar di barat laut.

Kepala Kelompok Hak Asasi TransAction, Farzana Riaz mengatakan, sebanyak 55 transgender telah dibunuh selama lima tahun terakhir. “Kami ingin perlindungan dari pemerintah, dari penganiayaan yang terus berlanjut ini,” katanya.

(iml/JPC)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar