Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Khawatir Vaksin Kadaluarsa, Pemda Gorontalo Vaksinasi Anak Usia 6 -11 Tahun?

Oleh Admin Hargo , dalam Headline Kab. Gorontalo , pada Selasa, 28 Desember 2021 | 06:05 AM Tag: ,
  Ilustrasi.

Hargo.co.id, GORONTALO – Stok Vaksinasi Covid-19 jenis Sinovac yang akan kadaluarsa (expired date) pada Maret 2022 menjadi salah satu alasan Pemerintah Kabupaten Gorontalo melakukan vaksinasi bagi anak usia 6 -11 tahun meski capaian vaksinasi Lansia masih di bawah angka 60 persen.

Berdasarkan data yang diperoleh Hargo.co.id, pada 27 Desember 2021 sekitar pukul 15.30 Wita, dari total 316.701 sasaran vaksinasi di Kabupaten Gorontalo, dosis satu telah mencapai angka 73,1 persen. Termasuk didalamnya vaksinasi Lansia yang baru berada di angka 51,7 persen.

“Vaksin sinovac kita begitu banyak, expired Maret 2022. Kalau kita menunggu lama lagi untuk menggunakan vaksin sinovac ini untuk anak anak, maka vaksin ini akan expired dulu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo, Roni Sampir kepada Hargo.co.id, Senin (27/12/2021).

Capaian Vaksinasi Kabupaten Gorontalo (Foto diambil pada 27 Desember 2021 sekitar pukul 15.30 Wita)
Capaian Vaksinasi Kabupaten Gorontalo (Foto diambil pada 27 Desember 2021 sekitar pukul 15.30 Wita)

Selain banyaknya stok vaksin tersebut, Menurut Roni Sampir, jika vaksinasi bagi anak usia 6 – 11 tahun harus mengikuti edaran Menteri Kesehatan, yakni capaian minimal Vaksinasi harus mencapai 60 persen, maka sama halnya dengan membiarkan anak anak tersebut terpapar Covid-19. 

“Lansia ini kan masih lama tercapai. Kalau kita masih menunggu lama, berarti kita membiarkan anak anak ini terpapar dan terjadi transmisi diantara anak anak itu. Kalau kita masih menunggu lama lagi, berarti kita memperlambat tercapainya herd immunity,” kata Roni Sampir.

Dirinya juga mengatakan, jumlah sasaran vaksinasi anak usia 6 – 11 tahun di Kabupaten Gorontalo jauh lebih banyak daripada kabupaten maupun kota lain di Provinsi Gorontalo. 

“Makanya kita segera melakukan itu, ini juga dalam rangka mempercepat herd immunity itu sebenarnya. Karena juga sasaran kabupaten gorontalo itu 42 ribuan. Jadi dua kali lipat dari kota gorontalo dan tiga kali lipat dari kabupaten lain,” katanya menerangkan.

Terkait edaran Menteri Kesehatan yang menyebutkan setiap daerah dapat melakukan vaksinasi bagi anak usia 6 – 11 tahun apabila capaian vaksinasi dosis satu telah mencapai minimal 70 persen dan vaksinasi kelompok Lansia minimal telah mencapai 60 persen, Dirinya menyebut hal tersebut bukan alasan medis.

“Memang juknisnya seperti itu, tapi kalau kita masih menunggu lama, juknisnya itu kan tidak substansial, misalnya harus 60 persen untuk lansia, untuk alasan medisnya nda ada,” kata Roni Sampir. (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis

(Visited 94 times, 1 visits today)

Komentar