Selasa, 9 Agustus 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Konsultasi terkait Pilkades, Pemkab Boalemo ke Jakarta

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Boalemo , pada Selasa, 26 Juli 2022 | 06:05 Tag: , , , ,
  Kunjungan Pemkab Boalemo, diterima langsung oleh Ditjen Bina Pemerintah Desa, Kemendagri, Baoaj Yusharto Huntoyungo, di Gedung Paramanda Lantai 4, Ditjen Bina Pemerintah Desa. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Boalemo, bertandang ke kantor Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Pemerintah Desa, Kemendagri-RI, di Jakarta, pada Senin, 25/07/2022. Kunjungan tersebut, dalam rangka koordinasi dan konsultasi, terkait rencana Pilkades serentak yang akan dilaksanakan secara e-Voting untuk 30 Desa di Boalemo.

Kadis Kominfo Boalemo, Ulkia Kiu, dalam laporannya, menerangkan, kegiatan yang dipimpin oleh Penjabat Bupati (Penjabup) Boalemo, Hendriwan ini, diterima langsung oleh Ditjen Bina Pemerintah Desa, Kemendagri, Yusharto Huntoyungo, bersama jajarannya.

Turut hadir pada agenda itu, Ketua DPRD Boalemo, karyawan Eka Putra Noho, Wakil Ketua DPRD Boalemo, Muslimin Haruna, Sekda Boalemo, Sherman Moridu, bersama Kadis Sosial PMD Boalemo, Monru Mopangga, Camat se-Boalemo, dan Kabag Umum Setda Boalemo.

“Kunjungan tersebut, sebagai tindaklanjut dan progres persiapan pelaksanaan e-Voting Pilkades di Boalemo secara serentak, yang Insya Allah akan diikuti oleh sebanyak 30 Desa,” kata Kadis Kominfo Boalemo, Ulkia Kiu.

Adapun konsultasi dan koordinasi ini, lanjutnya, meliputi persiapan Pilkades, mulai dari tahapannya, penganggaran, serta regulasi yang matang. Sehingga pelaksanaannya pun, nantinya dapat disesuaikan dengan kondisi di masa Pandemi Covid-19.

“Pertemuan berlangsung di Gedung Paramanda Lantai 4, Ditjen Bina Pemerintah Desa. Di waktu yang sama, Penjabup Boalemo bersama Sekda Boalemo, kemudian melanjutkan rapat terbatas bersama seluruh Tim dari Boalemo,” ujarnya.

Sebelumnya, disampaikan Sekda Boalemo, Sherman Moridu, dalam rapat Tim Pembina Desa pada Senin, 18/07/2022 lalu, Pilkades dengan sistem elektronik untuk 30 Desa di Boalemo ini, ditargetkan paling lambat dapat diselenggarakan pada September atau Oktober 2022.

Ia pun berharap, agar Pilkades mendatang, dapat memberikan hasil terbaik. Menurutnya, peran semua pihak sangat dibutuhkan guna mensukseskan hajatan akbar ini. Tanpa terkecuali Dinas Kominfo, dan pula para Camat, agar maksimal memberikan sosialisasi ke setiap Desa.

“Rencana Pilkades, paling lambat September atau Oktober 2022,” kata Sherman Moridu yang pernah diberitakan oleh Hargo.co.id.

Sementara itu, Kadis Sosial dan PMD Boalemo, Monru Mopangga, juga memastikan, terkait hal-hal yang menjadi kebutuhan pada pesta demokrasi rakyat ini, akan disiapkan dengan matang, dengan tetap intens berkoordinasi dengan seluruh lintas sektor terkait, termasuk pihak Banggar DPRD Boalemo, untuk anggarannya. (*)

Penulis: Abdul Majid Rahman

(Visited 82 times, 1 visits today)

Komentar