Sabtu, 27 November 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



KPU Segera Aktifkan Kembali MATAHARIÂ

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo Headline , pada Rabu, 21 Maret 2018 | 14:16 PM Tag: , ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Pertarungan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwako) Gorontalo bakal kembali sengit. Kemarin (20/3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo telah menerima salinan putusan Mahkamah Agung (MA). Seiring hal itu, KPU Kota Gorontalo akan segera mengaktifkan kembali pasangan Marten Taha-Ryan F. Kono (MATAHARI). Langkah tersebut dilakukan melalui rapat pleno pembatalan Surat Keputusan (SK) KPU nomor 15/HK.03.1.3-Kpt/7571/KPU-Kot/II/2018.

Diberitakan sebelumnya, KPU Kota Gorontalo menerbitkan SK nomor 15/HK.03.1.3-Kpt/7571/KPU-Kot/II/2018 tentang pembatalan pasangan MATAHARI. SK itu dikeluarkan berdasarkan putusan musyawarah Panwaslu Kota Gorontalo. Tak terima dicoret, kubu MATAHARI mengajukan gugatan ke Mahkamah Agung (MA). Gugatan yang dilayangkan MATAHARI itu selanjutnya dikabulkan oleh MA.

Sementara itu informasi yang dirangkum Gorontalo Post, salinan putusan MA diterima Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba, Selasa (20/3) sore pukul 17.30 WIB. Salinan putusan itu diterima di Gedung Mahkamah Agung RI.

La Aba datang ke Gedung MA didampingi Sekretaris KPU Kota Gorontalo.  Ketua KPU Kota Gorontalo La Aba saat dikonfirmasi melalui sambungan seluler membenarkan pihaknya sudah mengantongi berkas salinan putusan MA. Menurut La Aba, sesuai dengan ketentuan yang berlaku, pihaknya harus segera menindaklanjuti putusan yang memang sudah memiliki kekuatan hukum tetap itu.

“Sekembalinya di Gorontalo, kami akan segera menggelar rapat terkait salinan putusan ini, termasuk dengan menggelar pleno,” terangnya. Selanjutnya menurut La Aba, pihaknya akan menindak lanjuti putusan MA ini dengan menerbitkan SK baru untuk membatalkan SK pencoretan pasangan calon MATAHARI.

“Kita akan menerbitkan surat keputusan baru untuk mengaktifkan kembali status Marten Taha-Ryan Kono sebagai calon walikota dan wakil walikota Gorontalo,” tegasnya.

Terpisah tim kuasa hukum MATAHARI Ferdi Taha menegaskan, pihaknya juga telah menerima berkas salinan putusan dari MA. Bahkan, Ferdi mengaku menerima salinan putusan itu, lebih dulu dari KPU yakni sekitar pukul 13.00 Wib. “Kami sudah terima tadi siang,” ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler, Selasa (20/3).

Selanjutnya Ferdi berharap, KPU Kota Gorontalo segera menindak lanjuti putusan MA.  “Seluruh hak dari pasangan Matahari sebagai paslon harus segera dikembalikan oleh KPU,” terangnya.(tr-45)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar