Senin, 17 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Kurang Koordinasi, KPU Kesulitan Hubungi Enam Parpol

Oleh Aslan , dalam Gorontalo , pada Selasa, 21 November 2017 | 14:59 PM Tag: ,
  

GORONTALO, Hargo.co.id – Keluarnya surat Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI nomor 710/ PL.01.1-SD/03/KPU/XI/ 2017 terkait pembukaan ulang waktu pemasukkan berkas bagi sembilan partai politik calon peserta pemilu 2019, membuat KPU Kabupaten/ Kota membuka ulang waktu pemasukan berkas pendaftaran parpol.

Namun, masalah baru kembali muncul, pasalnya khusus untuk Kota Gorontalo, KPU mengaku kesulitan untuk menghubungi enam parpol yang mendapat kesempatan ulang, untuk memasukkan kelengkapan administrasi pendaftaran calon peserta pemilu.

Penyebabnya tidak lain dikarenakan oleh, kurangnya koordinasi yang dilakukan oleh keenam parpol itu sendiri ke pihak KPU, sehingga membuat KPU juga kesulitan untuk menghubungi keenam perwakilan parpol tersebut.

Untuk Kota Gorontalo sendiri, dari sembilan parpol yang diberikan tenggat waktu tambahan untuk memasukkan kelengkapan berkas pendaftaran, ada enam parpol yang hingga saat ini belum menghubungi pihak KPU.

Keenam parpol itu antara lain, Partai Idaman, Partai Bhineka, PPPI, Partai Republik, PIKA, dan Parindo. Ironisnya, KPU hingga saat ini belum mengantongi alamat atau kontak dari keenam partai yang memang tergolong baru itu.

Alhasil, untuk sekedar memberikan surat pemberitahuan tentang waktu pendaftaran, KPU Kota Gorontalo mengalami kesulitan.

“Mereka (Pengurus enam parpol,red) hingga saat ini belum pernah menghubungi kami, dan juga alamat kantor mereka tidak diketahui kalau dimana letaknya, sehingga mmenyulitkan kami,” ujar plh Ketua KPU Kota Gorontalo, Salihun Ino Ischak saat dikonfirmasi Gorontalo Post, senin (20/11) kemarin.

Padahal menurut Salihun, waktu pemasukkan berkas kelengkapan pendaftaran yang diberikan hanya sampai rabu (22/11) (Besok,red). Lebih lanjut Salihun mengatakan, untuk tiga parpol lainnya yang juga termasuk dalam putusan KPU RI itu, masing-masing, PBB, PKPI dan Partai Rakyat, sebelumnya sudah memasukkan berkas kelengkapan pendaftarannya ke Kantor KPU Kota Gorontalo.

Sehingga tidak perlu lagi untuk menyerahkan salinan KTA dan KTP/ Suket yang menjadi syarat administras calon peserta pemilu 2019. “Kalau tiga parpol lain, hanya PKPI dan Partai Rakyat yang perlu melakukan perbaikan ulang, karena kelengkapan administrasi kemarin sesuai dengan hasil penelitian dinyatakan belum memenuhi syarat,” tambahnya.

Sementara itu, pantauan Gorontalo Post, hari pertama waktu pemasukkan kelengkapan berkas pendaftaran bagi sembilan parpol tambahan calon peserta pemilu, senin (20/11) kemarin, hingga pukul 15.28 wita, belum ada satupun parpol dari sembilan parpol itu yang mendatangi kantor KPU Kota Gorontalo.

Ruangan penerimaan dokumen persyaratan parpol di Kantor KPU Kota Gorontalo terlihat sepi. Diduga, para pengurus parpol ini baru akan memasukkan berkas syarat pendaftaran calon peserta pemilu itu, di hari-hari terakhir pendaftaran, yang rencananya akan dibuka hingga rabu (22/11) tepat pukul 24.00 wita. (tr-45/hg)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar