Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Lakukan 3 Langkah Pertolongan Pertama Ini Bila Terkena Ledakan Petasan

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Selasa, 21 Juni 2016 | 15:17 Tag: ,
  

Hargo.co.id SURABAYA – Menjelang hari raya Idul Fitri, anak- anak hingga orang dewasa semakin banyak yang memainkan petasan. Tidak hanya suara ledakannya yang mengganggu. Namun, ledakannya sungguh berbahaya.

Petasan mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa mengancam kesehatan bila sampai membuat luka di bagian tubuh.

banner 728x485

Dokter spesialis mata Dr dr Hendrian D. Soebagjo menyarankan ada beberapa hal yang harus diperhatikan bila terkena petasan.

Yang pertama, menetralisasi bagian yang terkena menggunakan air mineral karena memiliki kandungan zat yang lebih baik dibandingkan air lainnya.

“Sebagai pertolongan pertama, basuhkan luka akibat petasan dengan air mineral, bukan dengan air
lain,” ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Senin (21/6).

Menurut dia, luka akibat petasan tidak bisa dianggap remeh karena mengandung bahan-bahan kimiawi berbahaya sehingga penanganannya tidak boleh sembarangan, terutama untuk pertolongan pertama.

“Apalagi kalau sampai kena mata, bisa menyebabkan kebutaan. Bahkan, percikannya saja sudah berbahaya,” ucap wakil direktur penunjang medik RSU dr Soetomo tersebut.

Selain itu, sebagai salah satu bentuk penanganan untuk pertolongan pertama bagi korban ledakan petasan adalah menghentikan pendarahan di dekat titik luka karena sifatnya mematikan.

“Segera ikat dan hentikan pendarahan untuk meminimalisasi semakin banyaknya darah keluar. Kalau sampai kehilangan banyak darah maka akibatnya fatal,” katanya.

Usai melakukan pertolongan pertama, kata dia, segera dibawa ke rumah sakit untuk menerima perawatan lebih lanjut.

Pihaknya berharap masyarakat, terutama anak-anak muda tak bermain petasan saat bulan puasa, lebaran maupun peringatan hari-hari besar pada umumnya.

(Sikah/Pojoksatu/hargo)

(Visited 5 times, 1 visits today)

Komentar