Jumat, 7 Oktober 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Masjid Baiturrahman Tiru Kemegahan Masjid Nabawi

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 23 Juni 2016 | 15:07 Tag: ,
  

Hargo.co.id TILAMUTA – Perampungan pembangunan Masjid Baiturrahman yang terletak di Desa Modelomo Kecamatan Tilamuta saat ini, sedang dikebut pemerintah setempat. Pengembangan masjid tertua di Kabupaten Boalemo itu meniru ornamen Masjid Nawabi di Arab Saudi, dan mampu menampung lebih dari seribu jamaah.

Menurut Ketua Panitia Pembangunan, Mus Moha mengatakan renovasi Masjid Baiturrahman direhab sejak akhir 2015 lalu. Kini pembangunannya pun sudah masuk perampungan pada bagian dinding bangunan, tiang panca dan lantai atas.

Bahkan dalam waktu dekat mulai dibangun kubah menyerupai Masjid Nabawi di Arab Saudi.
“Pembangunannya Masjid Baiturahman mengambil ciri khas dan ornamen Masjid Nabawi. Oleh Bapak Bupati Rum Pagau menginstrusikan pada pemerintahannya diminta pembangunan Masjid Baiturahman sudah tuntas,”
ungkap Mus Moha.

Dia mengatakan, pembangunan Masjid Baiturrahman Boalemo ini bersumber dari dari bantuan Pemda Boalemo, Pemprov Gorontalo, dari bantuan masyarakat dan para jemaah serta pengurus Takmirul Masjid dibawah kepemimpinan Bapak Nizam Dai.

Seperti halnya satu unit mobil pompa cor didatangkan atas bantuan masyarakat dan jemaah. “Kami pun terus membuka uluran tangan bantuan semua pihak guna penyelesaian pembangunan Masjid Baiturrahman. Entah itu dari elemen masyarakat umum, pemerintah daerah maupun pemerintah provinsi,” harapnya.

Meski begitu lanjut Mus Moha, renovasi ala Masjid Nabawi tersebut belum bisa diupayakan penyelesaian 100 persen sampai bulan Ramadhan 1437 H tahun ini. Pasalnya masih ada beberapa bangunan sementara tahap pelaksanaan. Misalnya ornamen masjid dan kubah masjid pada bagian atap
Masjid.
“Dari renovasi sejauh ini dapat diperkirakan Masjid Baitarrahman akan mampu menampung kurang lebih seribu orang jemaah. Selain itu, pembangunan Masjid Baiturrahman ala ornamen Masjid Nawabi ini
diharapkan menjadi salah satu pusat destinasi wisata di pusat pemerintahan Kabupaten Boalemo,” pungkasnya.(nrt/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar