ramadan2024

ramadan2024

Masuk 110 Top Event Nasional, Gorontalo Karnaval Karawo Diharap Dorong Perekonomian 

×

Masuk 110 Top Event Nasional, Gorontalo Karnaval Karawo Diharap Dorong Perekonomian 

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat membuka event Gorontalo Karnaval Karawo Tahun 2022 didampingi Staf Ahli Kemenparekraf Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurleni Ukar di halaman gedung GPCC, Rabu (8/6/2022). (Foto: istimewa)
Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer saat membuka event Gorontalo Karnaval Karawo Tahun 2022 didampingi Staf Ahli Kemenparekraf Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurleni Ukar di halaman gedung GPCC, Rabu (8/6/2022). (Foto: istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Berbeda dari beberapa tahun sebelumnya, Gorontalo Karnaval Karawo Tahun 2022 kali ini dilaksanakan dengan meriah. Terlebih tahun ini, Gorontalo Karnaval Karawo juga telah masuk dalam 110 Top Event Nasional.

hari kesaktian pancasila

Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dalam sambutannya saat membuka event tersebut menyatakan, masuknya Gorontalo Karnaval Karawo ke dalam 110 Top Event Nasional menandakan bahwa karawo telah diperhitungkan di skala Nasional.

“Kami berharap event ini dapat memberikan dampak multiplier effect bagi masyarakat Gorontalo dan dapat mendorong ekonomi nasional secara komprehensif kedepan,” kata Hamka Hendra Noer saat membuka event yang dilaksanakan di halaman gedung GPCC tersebut, Rabu (8/6/2022).

Example 300250

Dirinya juga menyampaikan apresiasinya terhadap Dinas Pariwisata yang telah berusaha penuh sehingga Karnaval Karawo masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara yang dipilih oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

“Event ini melibatkan pengrajin lokal sulaman khas Gorontalo. tentu banyak UMKM – UMKM yang lahir di sini dan ini yang paling penting,” Katanya menambahkan.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bidang Birokrasi dan Regulasi, Kurleni Ukar, yang hadir mewakili Menteri Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Event Gorontalo Karnaval Karawo ini. 

Ramadhan 2024

Dirinya juga memuji keindahan Karawo. Menurunnya, ukuran dan model di sulaman kain karawo terlihat sangat susah sekali dengan rangkaian durasi yang cukup pelik sehingga membuat karawo ini semakin menarik.

“Gorontalo berkesempatan dalam event untuk memperkenalkan warisan budaya berupa kain tradisional, sekaligus mengajak masyarakat khususnya yang ada di Sulawesi untuk bersama- sama berani berinovasi dalam melestarikan budaya di daerah. Atas nama Menteri Pariwisata saya ucapkan selamat dan semangat.  Semangat membawa kain sulaman karawo sebagai warisan tak benda dunia oleh UNESCO,” kata Kurleni Ukar.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo Rifli Katili selaku ketua panitia pelaksana dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan event tahunan sebagai upaya untuk mendorong geliat pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Dirinya menerangkan, Pagelaran Karnaval Karawo tahun ini mengambil tema “Karawo Inspiring Sulawesi” yang diikuti sebanyak 21 kontingen dari berbagai wilayah di Sulawesi, perbankan, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan perancang busana. Karnaval Karawo merupakan puncak pelaksanaan dari ajang Festival Karawo yang dilaksanakan selama tiga hari.

“Tahun ini juga Gorontalo Karnaval Karawo masuk dalam 110 Top Event Nasional yang diikuti oleh Provinsi, Kabupaten Kota se-regional sulawesi, lembaga perbankan, instansi vertikal, dan pelaku usaha. Ini tentu hal yang harus kita banggakan dan harus kita jaga bersama,” kata Rifli Katili.  (***)

 

Penulis : Sucipto Mokodompis



hari kesaktian pancasila