ramadan2024

ramadan2024

Masyarakat Jangan Ragu Periksa Kesehatan Jika Alami Gejala Covid-19

×

Masyarakat Jangan Ragu Periksa Kesehatan Jika Alami Gejala Covid-19

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI: Pasien Covid-19 orang tanpa gejala (OTG). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
Pasien Covid-19 orang tanpa gejala (OTG). Foto: Dery Ridwansah/ JawaPos.com

Hargo.co.id, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap wajib mematuhi protokol kesehatan 3M yakni wajib memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Selain itu masyarakat juga diminta jangan ragu untuk memeriksakan kesehatannya apabila mengalami gejala Covid-19.

hari kesaktian pancasila

Dilansir dari JawaPos.com, Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Muhammad Budi Hidayat, menganjurkan bagi siapa saja yang merasa memiliki gejala seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta kehilangan indera perasa agar segera menghubungi Puskesmas terdekat.

“Gejala seperti gejala batuk, pilek, sesak nafas, sakit tenggorokan serta hilang indera perasa, segera kunjungi Puskesmas terdekat untuk dilakukan tes usap atau Tes PCR,” jelasnya.

Example 300250

Lebih lanjut, pihaknya juga menekankan kepada seluruh tokoh umat maupun siapapun yang memiliki peran penting dalam suatu komunitas tertentu agar lebih bijak serta memberikan keteladanan kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M.

Budi meminta agar selama masa pandemi tidak menggelar kegiatan yang menimbulkan banyak kerumunan orang. Sebab, berkerumun dapat memicu terjadinya penularan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 yang dapat berakibat fatal. “Agar memberikan contoh dan teladan kepada masyarakat luas dalam penerapan protokol kesehatan 3M. Kita harus bekerja sama dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 agar pandemi segera dapat diatasi,” tegas Budi.

Kemenkes juga terus berupaya melakukan upaya untuk melacak dan menelusuri kontak erat dari pasien yang terkonfirmasi Covid-19. Hal itu juga dilakukan untuk mempercepat penanganan COVID-19 sekaligus memutus rantai penularannya.

Ramadhan 2024

Saat ini, Kemenkes dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 telah menerjunkan lebih dari 5.000 petugas untuk melakukan pelacakan kontak erat dan tersebar di 10 provinsi prioritas. Kemenkes berharap agar masyarakat dapat mendukung para petugas tersebut sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah dan tidak semakin meluas.(jawapos/hg)

#IngatPesanIbu

Memakai masker

Menjaga jarak & menghindari kerumunan

Mencuci tangan dengan sabun

 

 

 

 

*) Artikel ini telah tayang di JawaPos.com, dengan judul: “Selain Protokol 3M, Jangan Ragu Periksa Saat Rasakan Gejala Covid-19“. Pada edisi Selasa, 24 November 2020.


hari kesaktian pancasila