Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Mengenakan Baju Adat, 45 Anggota PPK di Kota Gorontalo Dilantik

Oleh Admin Hargo , dalam KPU , pada Rabu, 4 Januari 2023 | 16:05 Tag: , , ,
  Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Anggota PPK Kota Gorontalo. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Dengan mengenakan salah satu pakaian adat Gorontalo, sebanyak 45 orang anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Gorontalo, resmi diambil sumpah dan dilantik, Rabu (04/01/2022).

Pengambilan sumpah yang berlangsung di salah satu ballroom hotel di Gorontalo tersebut, dipimpin langsung oleh ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib, serta disaksikan oleh Walikota Gorontalo dan perwakilan KPU baik kabupaten maupun Provinsi Gorontalo.

banner 728x485
Suasana pengambilan sumpah dan pelantikan Anggota PPK Kota Gorontalo. (Foto: Zulkifli Polimengo/HARGO)

Ketua KPU Kota Gorontalo, Sukrin Saleh Taib, dalam sambutannya mengatakan bahwa penggunaan pakaian adat Gorontalo ini, merupakan hasil keputusan dari Komisioner KPU di pleno sebelumnya. Tujuannya untuk lebih mengangkat kebudayaan lokal Gorontalo yang dikenal dengan Serambi Madinah.

“Anda disuruh mengenakan pakaian adat Gorontalo supaya semua tahu, Gorontalo menjunjung tinggi adat Serambi Madinah, yaitu prinsip ‘Adat Bersendikan Sara, Sara Bersendikan Qitabullah. Ini harus ditanamkan ke dalam diri saudara saat diangkat menjadi PPK,” kata Sukrin Saleh Taib.

Dalam kesempatan itu Ketua KPU Kota Gorontalo juga menambahkan, dengan menanamkan budaya lokal Gorontalo melalui pakaian adat yang biasa dipakai dalam prosesi akad nikah ini, para PPK yang dilantik dapat menjaga integritas dengan sebaik-baiknya, guna menciptakan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang sukses, aman, dan kondusif, khususnya di wilayah Kota Gorontalo.(*)

Penulis: Zulkifli Polimengo

(Visited 29 times, 1 visits today)

Komentar