Mesin Ferrari Baru Direvolusi

×

Mesin Ferrari Baru Direvolusi

Sebarkan artikel ini
ilustrasi dok: JPNN.COM

Jika dari segi mesin Ferrari sudah begitu percaya diri bisa head-to-head dengan Mercedes, pada sisi rangka Rivola juga tak kalah yakinnya. Perubahan menonjol pada rangka berkode 667 adalah moncong yang semakin pendek.

Gambarannya adalah lebih pendek dari Mercedes dan sedikit lebih panjang dari mobil Toro Rosso musim lalu. Suspensi depan memakai desain push-rod, ukuran lambung (sidepod) lebih pendek, dan bentuk seperti botol yang menyempit, dan juga gearbox.

Perubahan pada karakter pembakaran mesin juga menjadi bagian krusial. Namun dari desain mobil baru yang tersebar di internet saat ini diketahaui bahwa ada beberapa komponen yang mengalami relokasi dan penataan berbeda untuk meningkatkan performa mesin sekaligus mengefisienkan fungsi aerodinamika.

Ilustrator F1 kondang Giorgio Piola secara eksklusif menggambarkan denah relokasi sejumlah komponen penting mobil Ferrari generasi terbaru. Gambaran yang sebenarnya masih sangat dirahasiankan oleh pabrikan Italia tersebut.

Pertama, pada SF15-T intercooler yang besar diletakkan di dalam silinder mesin V6 turbo. Pada mobil 2016 ukurannya diperbesar, karena Ferrari butuh pasokan udara lebih banyak demi memaksimalkan power ekstra mereka.

Untuk memastikan fungsinya optimal, intercooler yang baru dipisah menjadi dua bagian (gambar nomor 1). Bagian yang lebih besar berada ditempatkan di dalam rangka tepat di atas tangki bahan bakar. Sedangkan yang kedua disimpan pada lambung sebelah kiri.