Kamis, 19 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Musda Demokrat Bakal Panas, Thamrin Mangindaan Siap Jadi Pesaing Gusnar Ismail

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 24 Juli 2017 | 12:20 Tag: , , , ,
  

GORONTALO Hargo.co.id – Partai Demokrat akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) pada Sabtu (29/7) akhir pekan nanti. Agenda utama Musda untuk memilih kader yang akan menahkodai Demokrat Gorontalo selama lima tahun mendatang.

Penyelenggaraan Musda tersebut diperkirakan akan berjalan panas. Sejumlah kader partai telah memastikan diri untuk maju dan siap bersaing dengan Ketua DPD Demokrat Gorontalo Gusnar Ismail yang juga bakal ikut pencalonan di Musda.

Salah seorang kader yang sudah memastikan diri siap untuk maju adalah Ketua DPC Demokrat Gorut Thamrin Mangindaan. Kader senior Demokrat itu bahkan sudah mulai melakukan gerilya politik untuk menggalang dukungan dari para pemilik suara di Musda.

“Saya siap maju dan bersaing dengan pak Gusnar. Karena partai membuka kesempatan bagi setiap kader untuk mencalonkan diri sebagai ketua partai. Karena Demokrat sangat menjunjung tinggi prinsip demokrasi,” tegasnya saat menghubungi Gorontalo Post, kemarin (23/7).

Thamrin mengklaim telah mendapatkan dukungan dari kader-kader partai untuk maju di Musda. Dari enam Dewan Pimpinan Cabang (Pengurus Partai tingkat Kabupaten-kota.red), ada empat DPC yang siap memberikan dukungan. “Pohuwato, Boalemo, Gorut dan Bonbol menyatakan siap mendukung saya,” ungkapnya.

Menurutnya, dukungan empat DPC sudah menjadi modal awal. Karena ada delapan pemilik suara di Musda nanti. Yaitu 6 suara dari DPC, satu dari DPD dan satu suara dari DPP. Oleh karena itu Thamrin mengatakan, dirinya tinggal membutuhkan satu lagi dukungan suara untuk bisa terpilih di Musda nanti. “Saya yakin teman-teman dari DPC lain akan memberikan dukungan. Lihat saja. Bukan tidak mungkin saya akan jadi kuda hitam di Musda nanti,” ujar penuh optimis.

Kemarin, Thamrin telah melakukan pertemuan dengan beberapa pengurus DPC. Seperti DPC Boalemo, Bonbol dan Kabgor. Ketua DPC Bone Bolango Roby Hunawa mengatakan, tampilnya Thamrin Mangindaan di Musda tentu akan menutup ruang bagi terpilihnya Ketua Partai secara aklamasi. “Ini akan sangat baik untuk menjaga agar Demokrasi tetap berjalan di Partai Demokrat,” jelasnya.

Ketua DPC Boalemo Hardi Mopangga mengatakan, DPC Boalemo akan mengarahkan dukungan untuk Thamrin Mangindaan. Karena dia menjadi salah satu kader yang punya jasa besar untuk membesarkan partai. Selain itu, Thamrin juga punya kemampuan dan kecakapan untuk memimpin partai. “Kalau Boalemo mulai mengarahkan dukungan untuk pak Thamrin Mangindaan,” jelasnya.

Gerilya politik yang mulai digencarkan oleh Thamrin Mangindaan sepertinya harus diwaspadai oleh Gusnar Ismail bila masih ingin terus menahkodai Demokrat. Bila beberapa DPC sudah mulai mengarahkan dukungan untuk Thamrin Mangindaan maka bukan tidak mungkin DPC yang belum bersikap juga akan terus didekati Thamrin Mangindaan.

Walau begitu, peluang bagi Gusnar Ismail untuk tetap terpilih kembali di Musda masih sangat terbuka. Karena harus diakui, dalam masa kepemimpinannya, Gusnar bisa menjaga kebesaran partai Demokrat di Gorontalo.

Bukan tidak mungkin ini akan menjadi salah satu pertimbangan pemilik suara dalam menjatuhkan pilihannya saat pemilihan calon ketua DPD di Musda. Yang pasti, baik Thmarin dan Gusnar sama-sama punya peluang. Siapa yang bisa mengoptimalkan peluang itu sampai detik-detik akhir menjelang pemilihan, maka dia akan keluar sebagai pemenang. (rmb/hg)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar