Kab. Gorontalo

Nelson: Kepemimpinan di Orkestra Festival Metropolitan Punya 5 Hal Menarik

×

Nelson: Kepemimpinan di Orkestra Festival Metropolitan Punya 5 Hal Menarik

Sebarkan artikel ini
Nelson Orkestra
Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo bersama peserta lain saat menerima materi kepemimpinan Orkestra Festival Metropolitan.

Hargo.co.id, SINGAPURA – Tidak hanya sekedar belajar soal keuangan dan kepemimpinan saja, tetapi Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo dan 26 kepala daerah lainnya yang ikut dalam pendidikan KPPD angkatan I tahun ajaran 2023 di Singapura turut belajar tentang perilaku kepemimpinan di Orkestra Festival Metropolitan.

badan keuangan

Perangkat materi ini dipaparkan oleh konduktor Singapura, Prof. Chan Tze Law. Ia adalah Associate Professor dan Wakil Dekan Konservatorium Musik Yong Siew Toh, Universitas Nasional Singapura.

“Kami datang di gedung konservatorium, tempat kastel seperti pusat budaya. sama jika di Limboto Kabupaten Gorontalo taman budaya. Tapi, disitu ada ruang kesenian,budaya dan seterusnya. Nah, yang kami datangi adalah ruang Orkestra untuk pementasan seni,” kata Bupati Nelson, Senin (6/11/2023).

badan keuangan

Nelson menjelaskan, dirinya bersama peseta KPPD lainnya dilatih kepemimpinan untuk bagaimana harmoni menuju satu tujuan, yaitu visi -misi pemimpin menuju satu tujuan.

“Yang menarik jika dilihat, ada lima hal dalam kepemimpinan. Pertama, orang harus punya kompetensi. Kedua, seorang pemimpin harus memahami tupoksi dalam menjalan tugas, mulai dari pemimpin hingga bawahannya. Ketiga, seorang pemimpin harus meningkatkan koordinasi dan komunikasi. Keempat, konsentrasi. Jadi setiap orang harus konsentrasi bekerja sesuai dengan tupoksinya. Kalau ini berjalan maka menjadi berjalan baik kepemimpinan itu,” jelas Bupati Nelson.

Hal kelima yang menarik, kata Nelson, kesepakatan, itulah yang disebut visi misi.

“Jadi,kalau kita mengacu pada kepemimpinan itu adalah visi misi,” tandas Nelson.(*)

Penulis: Deice

Berita Terkait:  Kendalikan Inflasi, Nelson: OPD Terkait Harus Berkolaborasi