Senin, 18 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pansus I DPRD Gorontalo Utara Godok Dua Ranperda

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 7 Oktober 2021 | 02:05 AM Tag: , , , , ,
  Anggota DPRD Gorontalo Utara, Lukum Diko

Hargo.co.id, GORONTALO – Sejak (05/10/2021), Pansus I DPRD Gorontalo Utara (Gorut) menggodok 2 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang menjadi usul inisiatif eksekutif. Kedua Renperda itu yakni tentang Penyelenggaraan Olahraga dan Muatan Lokal.

Menurut Ketua Pansus I, Lukum Diko, bahwa pembahasan internal tersebut merupakan pembahasan awal yang dilakukan oleh pihaknya. 

“Ini baru langkah awal kami Pansus I dalam rangka membahas Ranperda yang menjadi tanggungjawab kami yang merupakan usul inisiatif eksekutif,” ungkapnya.

Dalam pembahasan awal secara internal tersebut, kata Lukum Diko, pihaknya melihat secara keseluruhan Ranperda yang menjadi usulan dari eksekutif tersebut. 

“Tadi selain kami Pansus, juga bersama dengan staf ahli telah membuka draft rancangan yang telah disampaikan dan mulai membaca dan mempelajarinya,” kata Lukum.

Yang pada intinya, Pansus I dalam pembahasan yang dilakukan tersebut sangatlah serius dalam melaksanakan tugasnya. Terhadap sikap tersebut, Lukum Diko menegaskan bahwa memang dalam membahas sebuah produk hukum daerah harus diseriusi. 

“Dan untuk mengkajinya tidak hanya dari satu sisi saja, namun dari segala sisi yang saling keterkaitan itu sangat diperlukan,” tegasnya.

Terutama untuk relevansinya, sehingga ketika produk hukum tersebut selesai dibahas dan kemudian disahkan tidak lagi bertentangan dengan dasar hukum yang ada diatasnya atau dasar hukum lainnya yang memiliki keterkaitan. 

“Yang pasti Pansus 1 akan bekerja sesuai dengan schedule yang telah ditetapkan secara maksimal,” tandasnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 10 times, 1 visits today)

Komentar