Sabtu, 29 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pelayanan Dinas Dukcapil Dikeluhkan, Ini Langkah Hamzah Sidik 

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Sabtu, 18 Desember 2021 | 06:05 AM Tag: , ,
  Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik saat melihat langsung kondisi pelayanan yang ada di Kantor Dinas Dukcapil. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Skema pelayanan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pelayanan Sipil (Dukcapil) Gorontalo Utara (Gorut) dinilai tak sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Itu lantas membuat Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Hamzah Sidik melakukan Sidak di instansi tersebut pada beberapa hari lalu. 

Sidak yang dilakukan oleh Aleg Partai Golkar tersebut, berdasarkan banyaknya aspirasi yang masuk ke pihaknya terkait dengan beberapa kendala dalam hal penerbitan administrasi kependudukan yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

“Banyaknya keluhan masyarakat yang masuk terkait dengan pelayanan pengurusan pencatatan sipil yang dianggap lambat,” ungkapnya.

Keterlambatan pelayanan tersebut terkait dengan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan juga sejumlah surat pencatatan lainnya seperti akta kelahiran dan juga akta kematian. 

Dari hasil pengecekan langsung di kantor kata Hamzah ada beberapa hal yang ditemukan terkait dengan penerbitan surat pencatatan tersebut. 

“Seperti halnya ada kendala dalam sistem jaringan yang terkadang kurang stabil,” ungkapnya.

Selain persoalan jaringan, kendala lainnya yang juga merupakan kendala utama yakni petugas atau operator yang menangani Tanda Tangan Elektronik (TTE). 

“Petugas operator TTE tersebut tidak hadir, dan ini yang juga menjadi kendala utama,” tegas Hamzah Sidik.

Terkait dengan kendala tersebut kata Hamzah, harusnya Dinas Dukcapil mengambil langkah antisipatif atau menggunakan skema pelayanan yang harus disesuaikan dengan SOP dalam pengurusan tersebut. 

“Agar urusan yang harusnya hanya memakan waktu kurang lebih selama 20 menit malah mengalami proses yang panjang sehingga terjadi keterlambatan sampai berminggu-minggu bahkan ada yang sampai hitungan bulan,” ujarnya.

Disisi lain, terhadap administrasi kependudukan tersebut tidak saja masyarakat membutuhkan, kita semua membutuhkannya terutama untuk beberapa syarat mendesak dalam pengurusan kelengkapan administrasi lainnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 25 times, 1 visits today)

Komentar