Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Dorong Kampung KB Terbentuk di Seluruh Desa dan Kelurahan

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 11 Agustus 2022 | 04:05 Tag: , , ,
  Darda Daraba saat memberikan sambutan pada workshop pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas tingkat Provinsi Gorontalo, Hotel Grand Q, Rabu (10/8/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mendorong seluruh desa dan kelurahan yang ada di daerah itu membentuk Kampung Keluarga Berkualitas (KB). Program tersebut diharapkan bisa selesai direalisasikan pada 2024 mendatang.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Darda Daraba menjelaskan, pembentukan Kampung KB di setiap desa dan kelurahan merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat yang ada di Kampung KB.

“Peningkatan kualitas penduduk sangatlah penting. Untuk itu kami mendorong di tahun 2022 sampai 2024 seluruh desa dan kelurahan di Gorontalo sudah terbentuk Kampung Keluarga Berkualitas,” katanya pada workshop pengelolaan Kampung Keluarga Berkualitas (KB) di Hotel Grand Q, Rabu (10/8/2022).

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat, kata Darda Daraba, terbentuknya Kampung KB juga sangat berpengaruh terhadap upaya percepatan penurunan Stunting yang merupakan kolaborasi kegiatan lintas sektor.

“Dengan adanya instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2022 tentang optimalisasi penyelenggaraan Kampung KB, kita harapkan aksi intervensi dan kolaborasi bisa dilaksanakan secara bersama sama, sesuai dengan tupoksi dan kewenangan masing-masing agar SDM kita berkualitas,” Katanya menerangkan.

Sejak dicanangkan pada tahun 2017, hingga saat ini kampung KB di Gorontalo sudah berjumlah 155 kampung atau 21 persen dari 730 desa dan kelurahan yang ada. Klasifikasinya, Kampung KB Dasar sebanyak 28,3 persen, Kampung KB Berkembang 11,6 persen, Kampung KB Mandiri 28,3 persen, dan Kampung KB Berkelanjutan 31,6 persen.

“Dengan workshop ini saya mengharapkan ada aksi nyata yang dibuat bagi masyarakat untuk membangun kualitas sumber daya manusia Gorontalo,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 30 times, 1 visits today)

Komentar