Kamis, 2 Februari 2023
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pemprov Pastikan APBD 2023 Bisa Dicairkan Sejak 2 Januari

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 2 Januari 2023 | 20:05 Tag: , , ,
  Hamka Hendra Noer saat memimpin apel perdana di halaman Kantor Gubernur, Senin (2/1/2023). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Pemerintah Provinsi Gorontalo memastikan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini sudah bisa dilakukan mulai tanggal 2 Januari 2023.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Badan Keuangan Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim. Dirinya mengatakan, pihaknya tidak ingin berlama lama untuk mencairkan APBD 2023.

banner 728x485

“Sesuai instruksi Mendagri kepada semua kepala daerah segera memanfaatkan APBD di awal tahun. Nah, alhamdulilah kita salah satunya yang bergerak cepat. Hari ini kita sudah membayarkan gaji PNS,” kata Danial Ibrahim, Senin (2/1/2023).

Dirinya mengungkapkan, cepatnya proses pencairan APBD Pemprov Gorontalo disebabkan pengusulan administrasi keuangan sudah dilakukan sejak akhir tahun 2022.

SK Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Penatausahaan Keuangan OPD, bendahara pengeluaran dan sebagainya dilakukan lebih cepat sehingga pelaksanaan APBD 2023 sudah siap.

“Mulai hari ini OPD sudah bisa mengajukan SPP (Surat Perintah Pembayaran), SPM (Surat Perintah Membayar) ditujukan kepada Badan Keuangan selaku Bendahara Umum Daerah untuk diterbitkan SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana),” kata Danial Ibrahim.

Pimpinan OPD juga diharapkan segera mengajukan Uang Persediaan (UP) untuk membiayai operasional kegiatan. Sesuai ketentuan Permendagri nomor 77 tahun 2020, UP setiap OPD dibatasi berdasarkan total anggarannya.

“Jadi, Anggaran hingga Rp 500 juta diberi UP Rp 50 Juta dan untuk anggaran Rp 500 juta sampai dengan Rp 1 miliar diberi UP Rp 75 juta, sedangkan anggaran di atas Rp 1 miliar diberi UP Rp 100 juta,” Pungkasnya.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 16 times, 1 visits today)

Komentar