Minggu, 17 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Penetapan APBD Perubahan  2021 di Injury Time

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Kamis, 30 September 2021 | 08:05 AM Tag: ,
  Suasana pembahasan APBD Perubahan antara Banggar dengan TAPD dan sejumlah OPD terkait, Rabu (29/09/2021). (Foto Deice Pomalingo/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Setelah pembahasan dilakukan secara marathon dan dalam waktu yang sangat sempit, akhirnya rancangan peraturan daerah (Ranperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2021 selesai dibahas. Selanjutnya akan ditetapkan tepat dibatas akhir dari waktu yang ditentukan. 

Hal ini setelah pembahasan antara Badan Anggaran (Banggar) dan Tim Anggaran Pendapatan Daerah bersama sejumlah OPD, di ruang sidang DPRD, Rabu (29/09/2021).

Wakil Ketua DPRD, Roman Nasaru yang memimpin rapat pembahasan saat dikonfirmasi mengakui jika pembahasan sangat mepet, karena dikejar target deadline segera harus diparipurnakan. 

“Karena ketentuannya batas akhir pengesahan adalah tiga bulan  sebelum akhir tahun dan besok (hari ini-red) adalah batas waktu penetapannya,” jelas Roman Nasaru. 

Lanjut dikatakan Roman Nasaru, berkaca dari kejadian ini diharapkan jangan terulang kembali pada pembahasan anggaran kedepannya, baik itu untuk pembahasan anggaran APBD induk dan juga perubahan nanti. 

“Saya sebagai Fraksi NasDem maupun pimpinan DPRD sudah berulang kali menyampaikan, tim pemerintah daerah selalu mengajukan dokumen selalu terlambat atau di injury time, sehingga sangat singkat dan saya rasa tidak efektif,” ungkap  Roman. 

Ia berharap di tahun 2022 harus ada waktu antara Banggar dan TAPD untuk mematuhi jadwal yang ditetapkan sesuai dengan undang-undang. 

“Jangan terulang lagi hal-hal seperti ini, harus sesuai dengan edaran yang berlaku dan sudah ada edaran dari KPK untuk pembahasan anggaran harus mematuhi jadwal yang telah ditetapkan,” tegas Roman. 

Ia menambahkan, untuk pembahasan APBD Perubahan ini banyak anggaran yang kena refocusing. Sehingga untuk APBD Perubahan 2021 ini, Banggar menitik beratkan pada anggaran-anggaran yang terkena refocusing betul-betul tepat sasaran dan jangan sampai anggaran ini di refocusing tetapi kenyataannya tidak tepat sasaran. 

“Kami Banggar hanya tinggal memaksimalkan waktu saja, karena batas waktunya hanya sampai besok (hari ini.red) untuk segera kita paripurnakan,” tandas Roman. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 31 times, 1 visits today)

Komentar