Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Percepatan Penurunan Stunting Terus Dilakukan

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Jumat, 19 Agustus 2022 | 20:05 Tag: , , ,
  Gamaria Purnamawati Monoarfa saat memimpin Rakor percepatan penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (18/8/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Langkah konkrit terhadap intervensi percepatan Penurunan Stunting terus dilakukan oleh Ketua TP PKK Provinsi Gorontalo, Gamaria Purnamawati Monoarfa. Salah satunya dengan turun langsung ke daerah untuk mengetahui situasi di lapangan.

Salah satu daerah yang dikunjungi Gamaria Purnamawati Monoarfa bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting adalah Kabupaten Gorontalo Utara, yaitu daerah yang memiliki angka prevalensi stunting paling tinggi di Provinsi Gorontalo.

“Stunting ini sebenarnya memang sangat sulit untuk kita turunkan karena banyak hal yang berpengaruh dan saling terkait. Saya menginginkan kita bisa menurunkan angka ini bersama Dinas Kesehatan maupun teman teman pemda Gorut,” Katanya pada kunjungan tersebut, Kamis (18/8/2022).

Setelah melaksanakan rapat koordinasi dengan pemerintah setempat, Gamaria Purnamawati Monoarfa melanjutkan kunjungannya ke Desa Ilangata Barat dan Oyile, Kecamatan Anggrek dengan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Suleman.

Dirinya juga menjelaskan terkait tiga cara yang diadopsi dari ahli Nutrisi dan Penyakit Metabolik di RSCM yaitu pemantauan status gizi yang benar dengan cara menimbang anak.

Dua cara lainnya yaitu dengan melaksanakan tata laksana rujukan berjenjang dimulai dari posyandu, puskesmas hingga Rumah sakit dan mengintervensi gizi dengan edukasi pola makan berbasis protein hewani.

“Menimbang anak 0-3 tahun itu berbeda beda. Berbeda 0,5 persen itu dapat mempengaruhi ke angka timbangan. Kita harus punya data yang benar yang dapat kita pertanggung jawabkan. Kemudian, yang menentukan anak ini stunting atau tidak itu harus dokter spesialis anak,” Katanya menerangkan.

Sejauh ini, Penurunan stunting di Kabupaten Gorontalo Utara dilakukan dengan cara terpadu dengan mendatangkan dokter-dokter ahli dan juga lintas sektor.

“Saya ingin seluruh stakeholder melakukan terobosan, untuk bagaimana percepatan stunting dapat dilakukan dengan segera,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 33 times, 1 visits today)

Komentar