Peringatan May Day di Gorontalo: FSPMI Suarakan Pemecatan Karyawan di Trijaya dan Citimall

×

Peringatan May Day di Gorontalo: FSPMI Suarakan Pemecatan Karyawan di Trijaya dan Citimall

Sebarkan artikel ini
Suasana aksi peringatan Hari Buruh Internasional yang berlangsung di halaman kantor DPRD Provinsi Gorontalo.(Foto: Indrawati Endris untuk HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Ratusan buruh yang berasal dari sejumlah wilayah di Provinsi Gorontalo, menggelar aksi unjuk rasa di sejumlah titik, dalam rangka memperingati May Day, atau Hari Buruh Internasional, Senin (01/05/2023).

badan keuangan

Dari pantauan Wartawan media ini, para buruh menyampaikan aspirasi mereka dengan mendatangi kantor TVRI Gorontalo, RRI Gorontalo, Kantor Gubernur dan DPRD Provinsi Gorontalo serta kawasan Citimall Gorontalo.

Meyske Abdullah selaku Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Gorontalo menyampaikan dua isu yang menjadi aspirasi mereka, yakni isu nasional dan Daerah.

badan keuangan

Terkait isu nasional Meyske Abdullah menyampaikan bahwa pihaknya menolak Omnibus Law, Undang-Undang Kesehatan dan meminta RUU PPRT (Perlindungan Pekerja Rumah Tangga) agar segera disahkan. Sementara itu untuk isu daerah yakni terkait PHK yang terjadi di Trijaya Tangguh serta pemecatan 21 karyawan aktif di Citimall Gorontalo.

“Jadi isu daerahnya yaitu terkait PHK dan pemecatan karyawan. Untuk pemecatan karyawan, kami minta kepada pihak pemerintah untuk mencarikan solusi terbaik,” kata Meyske Abdullah.

Pada kesempatan itu juga, Sofyan Puhi selaku Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo mengungkapkan bahwa pihaknya menyambut baik aspirasi para buruh dan akan menyelesaikannya dalam rapat gelar pendapat. DPRD Provinsi Gorontalo juga menerima surat tugas dari Ketua Dewan untuk menindaklanjuti aspirasi mereka.

Example 300250

“Kami sudah menerima dan siap menindaklanjuti aspirasi dari bapak ibu,” ungkap Sofyan Puhi.

Usai menyampaikan aspirasinya, para buruh kemudian membubarkan diri dengan tertib. Meski peringatan May Day di Gorontalo berlangsung aman dan lancar, aksi ini tetap mendapatkan pengamanan terbuka dan tertutup dari pihak Kepolisian dan TNI setempat.(*)

Penulis: Indrawati Endris
Editor: Zulkifli Polimengo



hari kesaktian pancasila