Friday, 17 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Pimdeprov PAN Gorontalo Masih Kosong, Idris Rahim: Kita Tunggu Putusan Inkrah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Wednesday, 18 May 2016 | 10:28 AM Tags: ,
  

Hargo.co.id PUNCAK BOTU – Hampir empat bulan, kursi pimpinan Deprov Gorontalo milik Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami kekosongan.

Pasca penonaktifan Feriyanto Mayulu oleh Mendagri sejak akhir Januari lalu, sampai sekarang PAN belum melakukan pengisian jabatan lowong tersebut.

Ketua DPW PAN Gorontalo, Idris Rahim, saat diwawancarai kemarin, mengatakan, partai masih akan menunggu sampai putusan terhadap persoalan hukum yang sedang dihadapi Feriyanto Mayulu memiliki kekuatan hukum tetap.

Hal ini untuk mengantisipasi kalau nanti Feriyanto Mayulu diputuskan bebas. “Nanti sudah inkrah baru kita ambil sikap,” katanya.

Ditanya soal pimpinan sementara, Idris menjelaskan, ketentuan yang ada tidak mengatur soal pimpinan sementara. Karena itu partai mengambil langkah sesuai prosedur dan mekanisme yang ada.

“Ketentuan tidak mengatur pimpinan sementara,” cetus Wakil Gubernur Gorontalo itu.

Ketua Badan Kehormatan (BK) Deprov Gorontalo, Jasin Usman Dilo, untuk kepentingan partai dalam hal ini keterwakilan dalam posisi-posisi penting di DPRD, partai sebetulnya bisa mengambil kebijakan.

“Kalau soal PAW memang sudah harus menunggu ada putusan inkrah. Tapi kalau untuk pengisian jabatan strategis seperti pimpinan DPRD partai bisa mengambil kebijakan dengan mengusulkan pimpinan sementara,” jelasnya.

Menurut Jasin Dilo, contoh kasus terjadi di DPR-RI. Pasca pemecatan Fahri Hamzah dari wakil ketua DPR, PKS mengambil kebijakan untuk melakukan pergantian sementara. Sambil menunggu masalah Fahri Hamzah punya putusan hukum tetap.

“Toh juga kalau nanti sudah ada putusan inkrah lalu partai akan mengembalikan jabatan itu kepada pejabat lama, saya pikir itu bisa dilakukan,” ungkapnya.

Namun begitu Jasin Dilo mengatakan, semuanya dikembalikan kepada PAN. Pihaknya tidak bertujuan untuk mencampuri tapi untuk memberikan masukan. “Karena posisi pimpinan DPRD sangat strategis untuk partai,” sambung Jasin.

Sebelumnya sempat mencuat beberapa nama dari internal fraksi PAN yang potensial untuk mengisi posisi tersebut. Nama-nama yang mencuat yaitu, Cony Gobel, Loly Junus, Daryatno Gobel dan Jusuf Hida. (rmb/hargo)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Komentar