Sabtu, 3 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



PKPI Diharapkan Bisa Meningkatkan Perputaran Ekonomi Daerah

Oleh Admin Hargo , dalam Gorontalo , pada Kamis, 6 Oktober 2022 | 00:05 Tag: , , ,
  Hamka Hendra Noer saat berada di stand Provinsi Aceh yang menyajikan kerajinan tangan khas Aceh dalam kegiatan PKPI 2022 di Lapangan Taruna Remaja, Rabu (5/10/2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Sebanyak 98 orang peserta dari 34 Provinsi se-Indonesia Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (PKPI) yang dilaksanakan di Provinsi Gorontalo. 98 peserta yang didampingi oleh 102 orang pendamping ini akan mengikuti kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 5 hingga 10 Oktober 2022 mendatang.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan, menjadi tuan rumah PKPI merupakan sebuah kebanggaan dan kehormatan bagi Provinsi Gorontalo. Dirinya juga menyampaikan terimakasih dan selamat datang kepada para peserta se-Indonesia yang datang ke Provinsi Gorontalo.

“Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia yang digelar di Gorontalo juga menjadi momentum penting dalam peningkatan perputaran perekonomian daerah,” kata Hamka Hendra Noer dalam pembukaan PKPI tahun 2022 yang berlangsung di Lapangan Taruna Remaja, Rabu (5/10/2022).

Pelaksanaan PKPI diawali dengan pawai peserta PKPI serta Karnaval Karawo yang mengambil titik start di depan Markas Kodim 1304/Gorontalo dan berakhir di Lapangan Taruna Remaja. Acara pembukaan yang menampilkan beberapa tarian daerah Gorontalo dan tarian kreasi ditambah dengan live musik semakin menambah meriah kegiatan tersebut.

Menurut Hamka Hendra Noer, PKPI merupakan kesempatan yang sangat penting untuk memperkenalkan Provinsi Gorontalo dipentas nasional. Gorontalo punya ragam kuliner, destinasi wisata, kerajinan, adat istiadat dan budaya yang bisa dieksplorasi para delegasi.

“Saya mengajak pemuda pemudi dari seluruh Indonesia untuk mencoba naik bentor, berwisata dan mencicipi kuliner khas Gorontalo,” Katanya menambahkan.

Dirinya berharap, pelaksanaan kegiatan pekan kreativitas pemuda ini bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk menunjukkan kemampuan mengasah, berekspresi, dan berkreasi lewat berbagai macam lomba yang akan dilaksanakan.

Ditempat yang sama, Ketua Panitia penyelenggara yang juga perwakilan Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Abdul Muslim mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kreativitas pemuda di berbagai bidang kegiatan dan potensi untuk meningkatkan indeks pemuda yang relatif masih rendah.

Ada 8 sub sektor yang akan dilombakan di kegiatan ini seperti grafika, kreasi, fashion, film, musik, kuliner, IT bidang software dan IT bidang hardware. Ada juga lomba khusus lokal Gorontalo yakni lomba parade budaya antar organisasi kepemudaan, marching band dan lomba menghias bentor (becak motor) yang merupakan transportasi khas Gorontalo.

“Kegiatan ini terselenggara kerjasama antara Kemenpora dan Pemprov Gorontalo terutama adalah Dikbudpora yang menjadi mitra kita. Untuk provinsi lain mungkin bisa mencontoh Gorontalo, 34 provinsi yang hadir ini masing-masing disambut oleh perwakilan OPD. Jadi satu OPD satu Provinsi. Ini patut di contoh,” Katanya menandaskan.(*)

Penulis: Sucipto Mokodompis

(Visited 15 times, 1 visits today)

Komentar