Kamis, 27 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Puasa, Harga Barito Naik 20 Persen

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Senin, 6 Juni 2016 | 11:40 AM Tag: ,
  

Hargo.co.id GORONTALO – Harga barito (bawang, rica, tomat) di pasar tradisional kompleks shopping centre Limboto rata-rata mengalami kenaikan lebih dari 20 persen jelang bulan puasa.

Pantauan Gorontalo Post, Minggu (5/6), jika dibandingkan dengan harga pasaran pada Jumat (3/6), harga cabe rawit atau rica kini dipatok menjadi Rp 60 Ribu per kilogram (Kg) atau mengalami kenaikan 20 persen dengan harga Rp 50 Ribu per Kg.

Sementara bawang merah yang sudah turun menjadi Rp 30 Ribu, ikut naik menjadi Rp 40 per Kg, kemarin. Bawang putih juga naik menjadi Rp 45 Ribu, cabe merah keriting juga naik dari Rp 25 Ribu menjadi Rp 30 Ribu per Kg.

Sementara itu gula juga ikut melejit. Dari semula yang sudah naik Rp 15 Ribu per Kg, kini menjadi Rp 17 Ribu per Kg. Minyak kelapa curah juga naik tipis menjadi Rp 14 Ribu per Kg.

Kasim, salah seorang pedagang barito mengungkapkan, keadaan harga yang mengalami kenaikan itu diklaimnya sudah menjadi hukum pasar, “Permintaan banyak, jadi harganya naik. Itu so jadi hukum pasar,” ungkap Kasim.

Dia menambahkan, meski sudah mengalami kenaikan, namun tetap saja permintaan sudah tinggi menjadi dua kali lipat. “Rata-rata kan orang butuh. Sebenarnya biar tidak diumumkan orang sudah tahu (kalau harga bakal naik,red),” katanya lagi.

Dia memprediksi, kenaikan harga barito yang diikuti sejumlah komoditi lain tidak akan berlangsung lama. Kemungkinan, lanjut Kasim, hanya pada awal-awal puasa.

“Mungkin H plus 3 harga turun lagi. Tergantung cuaca juga,” jelasnya. Jadi, ujar Kasim, kenaikan harga awal puasa ini sudah seharusnya tidak perlu ditakutkan.(axl/hargo)

(Visited 2 times, 1 visits today)

Komentar