Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Rekaman Bersejarah Tentang Budak Seks Tentara Jepang Terungkap

Oleh Aslan , dalam Headline Kabar Dunia , pada Selasa, 11 Juli 2017 | 08:00 Tag: ,
  

Hargo.co.id – Sebuah rekaman bersejarah disebut sebagai video perempuan penghibur Korea Selatan yang bekerja sebagai budak seks untuk tentara Jepang saat Perang Dunia ke-2 berlangsung. Direkam oleh tentara Amerika Serikat di Tiongkok, klip tersebut ditemukan oleh tim yang dibayari pemerintah di Universitas Nasional Seoul. Mereka meneliti peninggalan perang AS.

Korsel memprediksi ada 200 ribu perempuan yang dipaksa bekerja di rumah-rumah bordil yang dimiliki militer Jepang. Sebagian besar dari mereka berasal dari Korsel. Dan ada juga yang berasal dari Indonesia, Tiongkok, Filipina, dan Taiwan.

Sampai saat ini, catatan mengenai perempuan yang dipaksa menjadi budak seks tentara Jepang saat Perang Dunia ke-2 hanya berupa kesaksian dan foto. Rekaman berupa video belum pernah terungkap sampai saat ini.

Tim peneliti menyebutkan kalau film itu dibikin oleh tentara gabungan AS-Tiongkok di Provinsi Yunnan, Tiongkok, yang sebelumnya dikuasai Jepang. Dalam rekaman itu terlihat tujuh perempuan Korea yang dibebaskan dan petugas yang berbicara dengan mereka diidentifikasi sebagai Kapten Tiongkok Pasukan Gabungan Tiongkok-AS.

Isu mengenai perempuan penghibur ini sudah bertahun-tahun menegangkan hubungan Korsel-Jepang. Permohonan maaf yang seolah tidak ikhlas dan kompensasi yang minim adalah dasar dari ketegangan itu. (hg/BBC/tia/JPK)

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar