ramadan2024

ramadan2024

Roni Minta Potensi PAD Dimaksimalkan

×

Roni Minta Potensi PAD Dimaksimalkan

Sebarkan artikel ini
Anggaran
Wakil Ketua I DPRD Gorontalo Utara, Roni Imran. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara (Gorut), Roni Imran mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk dapat memaksimalkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menurut informasi sesuai dengan hasil analisa dari BPK, jika PAD Gorut dapat mencapai Rp. 50 Milyar.

hari kesaktian pancasila

Roni yang ditemui di ruang kerjanya usai mengikuti upacara HUT Gorut, Rabu (26/4) kemarin mengatakan bahwa momen HUT kali ini harus dimaknai dengan perubahan kearah positif.

“Bagaimana daerah melalui OPD teknis dapat memaksimalkan potensi PAD sesuai dengan hasil BPK,” tegasnya.

Example 300250

Jika daerah mampu memaksimalkan PAD, maka dapat dipastikan kondisi keuangan daerah akan sangat terbantu. Menurut Roni, selama ini PAD Gorut tidak mencapai Rp. 30 Milyar. Itu berarti hanya 3 persen dan tidak dapat memberikan kontribusi terhadap keuangan daerah secara signifikan.

“Jika potensi PAD yang Rp 50 Miliar tersebut dimaksimalkan, maka itu tentu dapat membiayai berbagai program lain termasuk mampu menutupi defisit anggaran yang dialami oleh daerah saat ini,” kata Roni.

Sebenarnya, jika ditelisik lebih dalam, Roni sangat khawatir terhadap kondisi keuangan daerah saat ini yang menurut hitungannya jumlah defisit dapat bertambah setiap bulannya dan dipastikan akan lebih dari Rp. 39 milyar.

Ramadhan 2024

“Jika potensi PAD tersebut dimaksimalkan maka dipastikan dapat menutupi defisit yang ada dan juga dapat membiayai kegiatan lainnya,” ujarnya.

Untuk itu kata Roni, daerah harus serius dalam melihat segala potensi yang dimiliki untuk kemudian dimanfaatkan guna pelaksanaan pembangunan daerah dan lainnya yang tujuannya tentu untuk masyarakat juga. Bagi Roni, jika kondisi daerah tidak segera diseriusi dengan memaksimalkan potensi yang ada.

“Bukan tidak mungkin pertengahan tahun anggaran berjalan, daerah akan kebingungan menghadapi kondisi keuangan yang terjadi,” tandasnya.(*)

Penulis: Alosius M. Budiman



hari kesaktian pancasila