Tuesday, 28 September 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Salat Idul Adha Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Wednesday, 7 July 2021 | 16:05 PM Tags: ,
  Ketua DPRD Syam T Ase (Tengah) bersama Bupati dan Forkopimda saat melakukan rapat membahas sejumlah hal di masa pandemic covid-19, di aula Pemda, Rabu (07/07/2021).

Hargo.co.id, GORONTALO – Jelang Idul Adha 1442 Hijriah, Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase menginstruksikan untuk seluruh masjid tetap mematuhi protokol kesehatan.  Hal ini sesuai dengan hasil rapat forkopimda Kabupaten Gorontalo, Rabu (07/07/2021).

Ia mengatakan, pemerintah tak melarang warganya melaksanakan salat Idul Adha, tapi harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Apalagi saat ini untuk Kabupaten Gorontalo merupakan wilayah yang paling banyak terpapar dibandingkan kabupaten lainnya. 

“Pemerintah daerah tidak melarang masyarakat shalat Idul Adha, tapi ingat protokol kesehatan tetap harus jadi prioritas dan pastinya lebih diperketat lagi pelaksanaan protokol kesehatan, termasuk memperbanyak lokasi sholat idul Adha, agar tidak terjadi penumpukan di masjid atau lapangan dan usahakan jumlah yang sholat di satu lokasi hanya berjumlah tak kurang dari 50 orang dikondisikan dengan tempatnya,” kata Syam.  

Dikatakan Syam, saat ini jumlah pasien covid-19 kembali naik dan ia khawatir, apabila penerapan protokol kesehatan lalai dilakukan, baik di masjid maupun di lapangan, pelaksanaan Salat  Idul Adha justru akan menjadi media penularan Covid-19. 

“Jangan sampai akan ada klaster baru lagi, maka oleh karena itu mari bersama kita saling melindungi,” tutur Syam. 

Politisi PPP ini pun mengharapkan, peran seluruh tingkatan pemerintah dan para tokoh agama mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan. 

“Jaga terus daerah kita dari penyebaran Covid-19, seluruh stakeholder harus ikut andil, berikan pemahaman dan disosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan,” tutup Syam. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar