Sabtu, 2 Juli 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Satgas Tinombala Tangkap Istri Santoso

Oleh Berita Hargo , dalam LifeStyle , pada Senin, 25 Juli 2016 | 11:33 Tag: , ,
  

Hargo.co.id PALU – Satuan Tugas (Satgas) Operasi Tinombala berhasil menangkap istri Santoso, Jumiatun Muslim alias Atun alias Bunga alias Umi Delima, Sabtu (23/7). Umi Delima ditangkap seorang diri dan langsung dilarikan ke Palu untuk mendapat perawatan intensif di RS Bhayangkara Palu. Hingga kemarin (24/7), Umi Delima belum dimintai keterangan resmi oleh penyidik Kepolisian.

Pantauan Radar Sulteng (Gorontalo Post Grup), kemarin, suasana di RS Bhayangkara Palu masih nampak penjagaan ketat aparat kepolisian. Umi Delima yang diinapkan di salah satu ruang perawatan khusus tahanan itu, juga dijaga oleh sejumlah Polisi Wanita (Polwan). Kabid Humas Polda Sulteng, AKBP Hari Suprapto mengatakan, kemarin istri kedua tersebut Santoso masih menjalani pemeriksaan kesehatan. “Kemarin masih pemeriksaan kesehatan saja,” tutur Hari.

Sebelumnya, Umi Delima sempat dicurigai sedang hamil muda, dilihat dari ciri-ciri fisik luar. Namun kata Hari, setelah pemeriksaan detail yang dilakukan tim dokter RS Bhyangkara, diketahui bahwa yang bersangkutan menurun kondisi fisiknya karena kekurangan asupan gizi. “Awalnya memang dicurigai hamil, tapi tim dokter sudah pastikan tidak,” jelasnya.

Lebih jauh ditanya terkait keterlibatan Umi Delima, secara umum disampaikan juru bicara Polda ini, Umi Delima mengetahui secara pasti segala aktifitas kelompok Santoso selama setahun bergabung dengan kelompok ini. Meski begitu, dia belum berani pastikan keterlibatan Delima dalam aksi-aksi teror yang terjadi melibatkan kelompok ini. “Untuk pidananya belum, masih didalami. Yang jelas dari beberapa foto yang bersangkutan (Jumiatun,red) nampak beberapa kali memegang senjata api jenis M16,” terangnya.

Sebelumnya pada penangkapan Sabtu (23/7), Umi Delima ditemukan dalam kondisi yang sudah lemah, karena tidak makan selama beberapa hari. Dia juga sudah terpisah dari anggota Santoso yang diduga sebagai Basri alias Barok juga istrinya, Nurmi Usman alias Oma.
Senjata M16 yang sempat dilaporkan dibawa oleh Umi Delima juga tidak ditemukan, karena diduga telah dibawa oleh Basri.(JPG/tr-53/hargo)

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar