Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Segera Gelar RDP, DPRD Tindak Lanjut Aspirasi Buruh TJT

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Selasa, 25 Januari 2022 | 16:05 Tag: , ,
  Para buruh pabrik PT TJT saat menyampaikan aspirasi di DPRD Kabupaten Gorontalo, Senin (24/01//2022). (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Apa yang diaspirasikan para buruh dari PT. Tri Jaya Tangguh (TJT) bakal ditindaklanjuti oleh DPRD dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP). Hal ini diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo, Syam T Ase saat menerima para buruh PT TJT di ruang sidang DPRD, Senin (24/01/2022).

Ketua DPRD dan Komisi III secara kompak menyampaikan akan segera menindaklanjuti aspirasi buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Provinsi Gorontalo dengan menghadirkan perusahaan PT. Tri Jaya Tangguh dalam rangka mempertanyakan hak-hak buruh.

“Dalam waktu dekat akan menggelar rapat dengar pendapat. Sejumlah instansi dan pihak terkait akan dihadirkan, pada prinsipnya DPRD akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat untuk mengundang pihak-pihak terkait, termasuk menghadirkan PT TJT,” kata Syam T. Ase.

Rencana gelar rapat dengar pendapat akan dilaksanakan pada hari Kamis pekan ini. Untuk itu, Syam T. Ase meminta KASBI melengkapi seluruh fakta dan data tuntutan dalam. 

“Agenda rapat Kamis (27/01/2022), kami minta data-datanya. Jangan kita menuduh sesuatu tanpa dasar. Oh ini salah, pabrik tidak benar, tidak sesuai dengan aturan. Dalam rapat dengar pendapat nanti, DPRD akan berdiri di posisi di tengah,” terang Syam T. Ase.

Di tempat yang sama, Anggota Komisi III DPRD, Eman Mangopa menyampaikan akan menindaklanjuti apa yang menjadi permintaan KASBI dengan melaksanakan rapat dengar pendapat. 

Komisi III DPRD menerima 16 tuntutan yang disampaikan KASBI, diantaranya pemutusan hubungan kerja sepihak, pengangkatan karyawan tetap, cuti hamil, izin nikah tidak diberikan PT. Tri Jaya Tanggu kepada pekerja.

“Intinya mereka mengeluhkan kinerja HRD yang baru. Mereka menilai kerja HRD baru lebih parah dari HRD sebelumnya. Insya Allah rencana hearing hari Kamis,” tutup Eman. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 38 times, 1 visits today)

Komentar