Senin, 24 Januari 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sembilan BTS Akan Dibangun di Gorontalo Utara 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Rabu, 15 Desember 2021 | 16:05 PM Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu bersama pihak BAKTI Kominfo, usai penandatangan perjanjian pinjam pakai lahan pembangunan BTS. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu menandatangani perjanjian pinjam pakai lahan pembangunan Base Transceiver Station Universal Service Obligation (BTS USO) dengan pihak Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Penandatangan yang diikuti 35 kepala daerah itu dilaksanakan di Hotel Shangri-La Jakarta, Senin (13/12/2021). 

Dalam keterangannya, Thariq Modanggu menjelaskan, penandatangan pinjam pakai lahan pembangunan BTS tersebut untuk 9 titik yang di Gorontalo Utara, yang sebelumnya mendapat bantuan dari BAKTI Kominfo. Sembilan desa tersebut, yakni, Limbato (Kecamatan Tolinggula), Kulowoka (Kecamatan Sumalata Timur), Tolitehuyu, Dunu (Kecamatan Monano), Tudi, Putiana, Datahu (Kecamatan Anggrek), Wapalo, Buata (Kecamatan Atinggola). 

“Jadi, sembilan desa ini menggunakan format pinjam pakai. Artinya, bahwa bantuan dari kominfo ini dibangun di atas lahan yang disediakan oleh pemerintah daerah dan karena itu diadakan perjanjian pinjam pakai selama 5 tahun dan setelah itu bisa diperpanjang lagi,” terang Thariq Modanggu. 

Tentu lanjut kata Thariq Modanggu, dengan adanya  bantuan tersebut, Gorontalo Utara, relatif yang selama ini bermasalah dengan blank spot (titik kosong/tanpa jaringan seluler) Insya Allah akan teratasi dengan pembangunan 9 BTS ini. 

“Dan semua formatnya, kalau kemarin di Papualangi itu adalah Indosat, maka yang ada di 9 titik itu, kalau tidak salah Telkomsel, tapi kita lihat saja nanti,” tuturnya. 

Tentu Wabup Thariq berharap, bahwa pembangunan BTS itu bisa segera rampung, karena memang saat ini masih sementara pembangunan. 

“Dan kita berharap pembangunan ini akan berjalan dengan lancar, sehingga kendala jaringan yang selama ini dialami oleh masyarakat, bahkan pemerintah desa, kecamatan dan Kabupaten dapat teratasi,” ujarnya. 

Ia mengatakan, tentunya bantuan tersebut patut syukuri. Dimana, pihaknya berharap, agar pemerintah desa, kecamatan dan masyarakat untuk menjaga fasilitas yang sudah dibangun oleh BAKTI Kementerian Kominfo. 

“Tentu juga membantu kelancaran pembangunan 9 BTS yang sementara dikerjakan,” tambahnya. 

Lebih dari itu, pihaknya berharap, fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat maupun pemerintah itu, kegiatan pembangunan akan semakin lancar, karena ditunjang oleh infrastruktur bidang jaringan atau telekomunikasi ini bisa berjalan dengan baik. 

“Ini harapan kita agar betul-betul bantuan ini bisa segera dirampungkan dan kita tentu pemerintah daerah dan masyarakat wajib mendukungnya agar tidak terjadi kendala dalam pembangunan BTS,” tutupnya. (***)

 

Penulis: Alosius M. Budiman

(Visited 11 times, 1 visits today)

Komentar