Kamis, 30 Juni 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Setiap Bulan Gorontalo Butuh 1.200 Kantong Darah

Oleh Berita Hargo , dalam Gorontalo , pada Rabu, 7 Juli 2021 | 21:05 Tag: , ,
  Ketua PMI Provinsi Gorontalo Ishak Liputo (pertama dari kiri) ketika menyampaikan berapa banyak kebutuhan darah yang diperlukan oleh masyarakat Gorontalo dalam kurun waktu sebulan. (Foto: Rita Setiawati/HARGO)

Hargo.co.id, GORONTALO – Kebutuhan darah di Provinsi Gorontalo setiap bulannya mencapai 1.200 kantong. Sementara stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Gorontalo alami penurunan sehingga tak seimbang antara kebutuhan darah dengan jumlah pendonor.

Ini diungkapkan Ketua PMI Gorontalo, Ishak Liputo ketika memberi sambutan pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia, Rabu (07/07/2021). Menurutnya, setiap bulan di Provinsi Gorontalo membutuhkan sekitar 1.000 hingga 1.200 kantong darah. 

“Itu masih kurang jika dibanding dengan jumlah pendonor setiap bulannya. Ini tentu mengundang kekhawatiran masyarakat yang membutuhkan stok darah dari PMI,” kata Ishak Liputo. 

Lanjut katanya, sejak pandemi Covid-19 melanda Indonesia khususnya Provinsi Gorontalo, masyarakat merasa takut untuk berdonor. Agar stok darah banyak, PMI Provinsi Gorontalo mengajak masyarakat untuk mendonorkan darahnya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“PMI pastikan protokol kesehatan tetap dijalankan dengan ketat saat kegiatan donor darah. Hal itu penting dilakukan demi menjaga ketersediaan darah di PMI,” tegas Ishak Liputo. 

Selain itu, menurut Ishak Liputo, Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie selaku Ketua Dewan Pelindung PMI Gorontalo, banyak memberikan kontribusi partisipasi pikiran terhadap bagaimana cara menanggulangi stok darah yang begitu besar dibutuhkan oleh masyarakat khususnya di era pandemi sekarang.

“Gubernur selaku pelindung PMI dalam setiap kegiatan DPRD maupun kegiatan lainnya wajib memberikan sumbangsih darah kepada PMI. Selanjutnya ada peran dari TNI dan Polri dalam membantu penanggulangan darah untuk kebutuhan stok perbulannya,” kuncinya. (rita/hargo)

(Visited 7 times, 1 visits today)

Komentar