Kamis, 8 Desember 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Sidang Isbat: Awal Puasa Serentak pada 17 Mei

Oleh Aslan , dalam Headline Kabar Nusantara , pada Rabu, 16 Mei 2018 | 10:15 Tag: , ,
  

Hargo.co.id, JAKARTA — Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5/2018) mendatang. Hal itu diumumkan usai sidang isbat yang dipimpin langdung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Keputusan ditetapkan menyusul hasil pemantauan hilal di 95 titik di seluruh Indonesia dan perhitungan rukhyatul.

“Selaku pimpinan sidang saya ingin menegaskan, 1 Ramadan 1439 H jatuh pada Kamis. Atas nama pemerintah kami menyampaikan pada seluruh umat Islam di Indonesia, selamat memasuki Ramadan,” ujar Lukman pada konferensi pers yang dilaksanakan di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (15/5).

Menurut Lukman, dalam sidang isbat disampaikan posisi hilal di seluruh Indonesia pada Selasa petang masih di bawah ufuk, atau berkisar minus 1 derajat 36 menit sampai 0 derajat 2 menit.

Sementara laporan dari pelaku rukhyatul yang diterima menyatakan tak seorang pun berhasil melihat hilal.

“Malam hari ini (Selasa,red) 30 Syaaban, maka 1 Ramadan jatuh pada Kamis 17 Mei,” ucap Lukman.

Sidang isbat diikuti seluruh perwakilan ormas Islam yang ada di Indonesia, sejumlah duta besar negara sahabat dan pihak terkait lainnya. Sebelumnya, pengurus pusat Muhammadiyah juga menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada 17 Mei 2018. Dengan demikian, umat Islam Indonesia dipastikan mulai berpuasa secara serentak pada tanggal yang ditetapkan itu. (fajar/jpnn/hg)

(Visited 4 times, 1 visits today)

Komentar