Terima Penghargaan dari Kemenpan RB, Polri Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

Kabar Nusantara
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ketika memberikan sambutan pada sebuah kegiatan yang digelar baru-baru ini. (Foto: Humas Mabes Polri)
  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, ketika memberikan sambutan pada sebuah kegiatan yang digelar baru-baru ini. (Foto: Humas Mabes Polri)

Hargo.co.id, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menerima penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas pelayanan prima dan pembangunan zona integritas di lingkungan Polri Tahun 2022.

Penghargaan dan predikat tersebut diberikan berdasarkan Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) yang dilakukan oleh Kemenpan RB bersama dengan kementerian dan lembaga khusus.

banner 300x300

“Tentunya kami dari institusi Polri hari ini mengucapkan terima kasih atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan terkait dengan pelayanan kepolisian dalam bentuk apresiasi pelayanan prima dan pelayanan terhadap zona integritas,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Gedung Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa, (21/2/2023).

Dirinya mengungkapkan, pada 2023 ini ada sebanyak 47 Polresta maupun Polres yang meraih penghargaan pelayanan prima. Disamping itu, 19 unit kerja yang mendapatkan kategori teladan berintegritas. Dimana, penghargaan tersebut sejalan dengan instruksi dan harapan dari Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia terhadap institusi Polri.

Terkait dengan penghargaan tersebut, Listyo Sigit Prabowo menegaskan kepada seluruh jajaran kepolisian agar terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik sebagaimana harapan dari Pemerintah.

banner 728x485

“Perbaikan pelayanan publik akan kita lanjutkan untuk bisa dilaksanakan secara digital dan terintegrasi tentunya banyak macam. Kali ini dilaksanakan penilaian khusus untuk SKCK dan pelayanan SIM,” kata Listyo Sigit Prabowo

Sebagai wujud konkret peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut, lanjut Listyo Sigit Prabowo, saat ini pihaknya telah menguatkan pelayanan masyarakat secara digital. Mulai dari STNK Online, SIM Online dan penindakan pelanggaran lalu lintas (lalin) dengan mengedepankan ETLE. Bahkan dewasa ini, kata Sigit, Polri terus mengembangkan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) secara online.

Dirinya menjelaskan, saat ini telah disiapkan Dumas Presisi Online hingga Propam Presisi Online untuk membuka ruang aspirasi dari masyarakat. Dimana, masyarakat dapat memanfaatkan hal itu sebagai wadah untuk mendapatkan pelayanan secara interaktif untuk mendapatkan progres terkait dengan laporannya.

“Tentunya ini semua menjadi bagian komitmen kami untuk terus meningkatkan pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi. Dan tentunya kita berikan dalam satu pelayanan yang terintegrasi yang kita namakan SuperApp dalam satu genggaman,” katanya memaparkan.

Disamping itu, pihaknya juga akan memaksimalkan perannya untuk memberikan pelayanan terhadap publik sesuai dengan program prioritas yang dicanangkan oleh Pemerintah. Diantaranya pelayanan stunting hingga pengamanan di wilayah yang difokuskan melakukan investasi dan hilirisasi industri. Termasuk juga layanan terhadap masyarakat yang berkebutuhan khusus.

“Termasuk pelayanan terhadap interaksi khususnya masyarakat yang berdampak dan berkebutuhan khusus semua tentunya akan kami tingkatkan. Terima kasih, kami mohon koreksi dan dukungan dari masyarakat. Sehingga kami bisa terus melakukan evaluasi terhadap pelayanan publik di kepolisian,” dirinya menandaskan.(*)

Rilis: Humas Mabes Polri

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *