Minggu, 17 Oktober 2021
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Terkait Pohon Tumbang, DLH Diminta Segera Tindak Lanjuti Keluhan Warga

Oleh Admin Hargo , dalam Legislatif , pada Senin, 30 Agustus 2021 | 21:05 PM Tag: ,
  Komisi lll saat menerima aspirasi dari pemuda Kecamatan Isimu yang mengeluhkan adanya sejumlah pohon yang rawan tumbang, Senin (30/08/2021) (Foto: Istimewa).

Hargo.co.id, GORONTALO -Secara tegas Komisi lll, DPRD Kabupaten Gorontalo meminta kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk segera menindaklanjuti apa yang menjadi keluhan warga. Yakni melakukan monitoring terhadap pohon-pohon yang dianggap membahayakan pengguna jalan.  

Hal ini diungkapkan, Ketua Komisi lll Sladauri Kinga usai menerima aspirasi dari seorang pemuda yang berasal dari desa Isimu. 

“Saya sangat apresiasi apa yang dilakukan oleh Amed Gorapu yang menyuarakan apa yang menjadi keluhan masyarakat seorang diri ke DPRD,” ungkap Sladauri. 

Menurut Sladauri, pada intinya DPRD dalam hal ini Komisi Ill mendukung kegiatan pemerintah dalam hal menanam pohon untuk kelestarian lingkungan, namun jika sudah meresahkan bahkan membahayakan nyawa pengguna jalan pastinya itu yang harus kita pikirkan. 

“Untuk program menanam pohon sangat kami dukung tetapi seharusnya DLH melakukan monitoring setiap saat terhadap pohon-pohon yang rawan dan sudah harus ditebang, agar tidak membahayakan pengguna jalan, pasalnya sudah banyak kejadian yang justru sampai menelan korban,” ungkap Sladauri. 

Lanjut dikatakan Sladauri, dengan menerima aspirasi tersebut komisi lll segera merekomendasikan kepada pihak DLH untuk segera menindaklanjuti apa yang diaspirasikan masyarakat, guna menjaga tidak akan jatuh korban lagi. 

“Minimal dilakukan monitoring setiap saat untuk melihat perkembangan ranting-ranting pohon, untuk menghindari jangan lagi memakan korban,” harap Sladauri, Senin (30/08/2021)

Aleg tiga periode ini menghimbau kepada DLH untuk segera turun lapangan, menindaklanjuti apa yang menjadi rekomendasi DPR dalam hal ini komisi lll. 

“Kami setuju upaya pelestarian lingkungan dengan menanam pohon dan upaya yang dilakukan pemerintah adahal untuk masyarakat, tetapi jika justru membahayakan masyarakat dan mengancam nyawa masyarakat tentunya kita harus memilih lebih menyelamatkan keselamatan nyawa warga masyarakat,” tandas Aleg dapil Boliyouto cs ini. 

Sementara itu Srikandi DPRD Selvi Mandagi pun mendukung apa yang dilakukan oleh pemuda Isimu Amed Gorapu yang mengaspirasikan persoalan peremajaan pohon ke DPRD, karena sudah seharusnya DLH melakukan peremajaan ditambah lagi untuk menanam pohon yang kuat batang dan akarnya agar tidak mudah roboh di saat musim hujan seperti saat ini. 

“Disarankan untuk setiap saat melakukan penebangan bagi pohon-pohon yang memang dianggap sudah rawan, karena itu merupakan tupoksi dari DLH dan belajar dari pengalaman tersebut, seharusnya pemerintah kedepan memprogramkan penanaman pohon yang jauh lebih kuat dan bukan pohon trembesi lagi,” harap Selvi yang juga aleg dapil Tibawa ini. (***)

 

Penulis: Deice Pomalingo

(Visited 3 times, 1 visits today)

Komentar