Rabu, 25 Mei 2022
Dari Gorontalo untuk Indonesia



Thariq Modanggu: Mindset Disperindagkop Masih Program, Bukan Keberhasilan 

Oleh Admin Hargo , dalam Kab. Gorontalo Utara , pada Minggu, 16 Januari 2022 | 08:05 Tag: ,
  Wakil Bupati Gorontalo Utara, Thariq Modanggu saat turun ke Dinas Perindagkop dan melihat serta mengevaluasi kinerja. (Foto: Istimewa)

Hargo.co.id, GORONTALO – Wakil Bupati Gorontalo Utara (Gorut), Thariq Modanggu menegaskan bahwa mindset Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop), masih sebatas program. Artinya, apa yang diinginkan seperti mindset keberhasilan, belum nampak. 

“Mindset dari Dinas Perindagkop ini adalah mindset program, bukan mindset keberhasilan, outcome atau dampak berkembangnya industri atau perdagangan industri rumah tangga, kecil, yang berbasis masyarakat,” tegas Thariq Modanggu usai kunjungi dan mengevaluasi instansi tersebut beberapa hari lalu. 

Apa yang disampaikan oleh Thariq Modanggu tersebut, berdasarkan hasil data yang ditemukannya di Dinas Perindagkop. Sebagai contoh, Thariq Modanggu menemukan bahwa ternyata 2019 itu ada dua kelompok yang diadakan pelatihan yaitu kelompok usaha, termasuk usaha karawo. Kemudian 2020 juga ada kelompok lagi, jadi praktis 2019-2020 ada 4 kelompok. 

“Tapi ternyata saya tanya mana pemantauan, monitoring, evaluasi, untuk 2 kelompok di beri paket pelatihan, ternyata tidak ada,” ungkapnya.

Melihat kondisi tersebut Thariq Modanggu menegaskan bahwa selama ini hanya berorientasi kepada program, 

“Makannya tadi saya memberi petunjuk kepada mereka mestinya kalian memantau efek dari dampak pelatihan ini, misalnya terhadap keberhasilan produk,” ujar Thariq Modanggu. (***)

 

Penulis: Alosius M.Budiman

(Visited 19 times, 1 visits today)

Komentar